IAA 2015 : AMG C 63 Coupe Edition 1 Diluncurkan, Pesaing BMW M4 Paling Buas

IAA 2015 : AMG C 63 Coupe Edition 1 Diluncurkan, Pesaing BMW M4 Paling Buas

Tuner yang sudah berafiliasi dengan Mercedes-Benz ini memang berorientasi dengan performa sejak 1967 silam. Tak heran setiap edisi yang dilansir menjadi sebuah mahakarya yang dianggap fenomenal. Harga jual yang tinggi tak menjadi halangan bagi para penggemarnya untuk menebus unit ini.

Kali ini, bersamaan dengan digelarnya Frankfurt Motor Show, Mercedes-Benz juga memperkenalkan pertama kali di hadapan publik, Mercedes-AMG C 63 Coupe terbaru. Tidak main-main, bahkan unit yang dipajang oleh Mercedes adalah C 63 Edition 1, coupe edisi terbatas yang berbasis mobil balap turing Jerman, DTM.

Walau dibangun berdasarkan basis yang sama dengan C 63 biasa, terdapat beberapa perbedaan unik di antara keduanya. Warna abu-abu dof dengan livery kuning sungguh membuatnya kian garang. Spion pada Edition 1 menggunakan bahan karbon dan beberapa aksesoris berornamen krom juga turut menjadi pembeda pada eksterior.

Tidak ada perbedaan material dasar bodi, namun keduanya sama-sama menggunakan bahan alumunium yang sama dengan C-Class Coupe agar bobot lebih ringan dan performa lebih tinggi dapat diraih.

Panel interior sebagian menggunakan bahan berlapis karbon, selain memangkas bobot juga tampak lebih sporti. Perbedaan juga terdapat pada kursi pengemudi, bila Edition 1 menggunakan jok tipe bucket agar kental aroma kompetisi,  sementara C 63 Coupe AMG menggunakan semi bucket. Setir masih menggunakan bahan suede layaknya seluruh Mercedes-Benz yang menyandang emblem AMG. 

Mesin yang diusung menggunakan tipe yang sama berkapasitas 4.000 cc berkonfigurasi V8 dengan twin turbocharger. Namun  tenaga yang dihasilkan berbeda keduanya, C 63 AMG Coupe menghasilkan tenaga 469 dk sementara Edition 1 menghasilkan 503 dk.

Perbedaan unik lainnya terdapat pada pelek, menggunakan dimensi yang berbeda untuk bagian depan dan belakang. Bagian depan menggunakan pelek berdiameter 19 inci, sedangkan belakang berdiameter 20 inci. Sungguh aneh memang, namun sepertinya langkah ini digunakan untuk mereduksi besarnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin.  

Bagian penghenti laju juga turut dibedakan dengan versi standar, di Edition 1 menggunakan peranti yang memiliki performa lebih tinggi dengan piston kaliper yang lebih banyak guna lebih cepat mengurangi kecepatan.    

Di pasaran sedan sport coupe dunia, Mercedes-Benz C 63 Coupe AMG ini akan berhadapan langsung dengan BMW M4.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com