Wiper Frameless VS Konvensional

Wiper Frameless VS Konvensional

Ketika berkendaraa dalam cuaca hujan seperti yang sering kita rasakan belakangan ini, kita harus tetap menjaga Agar pandangan pengemudi jelas dan jernih. Oleh sebab itu, part mobil seperti wiper blade untuk membersihkan permukaan kaca, sangat dibutuhkan baik pada windshield, maupun kaca belakang. 

Namun demikian, ternyata saat ini selain tipe dengan rangka, cukup banyak beredar wiper blade aftermarket yang menawarkan model tanpa rangka (frameless). Untuk memberi pencerahan untuk Anda, apa saja keunggulan dan kekurangan wiper blade jenis frameless jika dibandingkan dengan tipe konvensional? Berikut perbedaannya

 

Keunggulan

  1. Wiper frameless memiliki model yang lebih menarik jika dibandingkan dengan wiper konvensional yang menggunakan ‘tulang’. Hal ini pula yang menyebabkan mobil-mobil generasi modern menggunakan wiper jenis ini.
  2. Wiper frameless dibuat menggunakan bahan karet yang lentur dan lembut. Meski begitu, nyatanya karet tersebut sudah sangat kuat untuk membersihkan air di kaca mobil. Karena dibuat dengan bahan yang lembut, wiper blade model ini sangat aman dan karena tak ada batang besi yang keras, diklaim tidak akan menggores kaca ketika karet mulai menipis.
  3. Karena tidak menggunakan besi penyangga atau frame, maka wiper frameless tidak akan berkarat. Karat pada rangka wiper, selain merusak penampilan, juga dikhawatirkan menyebabkan noda pada kaca.

Kelemahan

  1. Produk yang lebih modern bukan berarti hadir tanpa kekurangan. Wiper frameless yang dibuat tanpa kerangka besi dianggap tidak lebih baik dari wiper konvensional untuk urusan menyapu air, Lama-kelamaan, hanya bagian tengah saja yang kuat menekan kaca. Tidak seperti wiper blade dengan rangka, yang memberi tekanan karet pada kaca dengan lebih merata. 
  2. Durasi pemakaian wiper framless disebut-sebut lebih cepat ketimbang wiper konvensional. Jika sering digunakan, maka karet akan mengendur, hal tersebut mempengaruhi kemampuan membersihkan air yang hasilnya menjadi lebih buruk karena tidak ditunjang dengan kerangka besi yang mampu menekan karet tersebut.
  3. Meski tampilannya lebih menawan, ternyata untuk membeli wiper model frameless Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Jika wiper model konvensional memiliki rentang harga Rp 30 – Rp 100 ribuan tergantung merek. Maka model wiper frameless dihargai hampir dua kali lipatnya, berkisar Rp 150-Rp 300 ribu tergantung merek.

"Penggunaan wiper saat ini sudah tergantung selera. Biasanya mobil sport atau mobil mewah, pemiliknya lebih suka dengan wiper frameless karena tampilannya. Sedangkan buat pengguna mobil seperti Kijang atau Jip, malah lebih suka yang model konvensional," ucap Yitno pentolan bengkel Putra Mirta di kawasan Pondok Pinang.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com