Waspadai Microsleep, Sekejap Bikin Celaka!

Waspadai Microsleep, Sekejap Bikin Celaka!

Siapa yang menyangka bencana besar seperti meledaknya reaktor nuklir Chernobyl dan kecelakaan besar super tanker Exxon Valdez disebabkan oleh hal yang terlihat sepele.

Sesuatu yang disebut sebagai microsleep yang jadi biang celaka Chernobyl dan Exxon Valdez. Dan microsleep pun dapat jadi masalah besar bagi pengendara mobil seperti anda.

Microsleep dapat diartikan sebagai tertidur dalam waktu sekejab. Hal ini disebabkan oleh faktor fisik berupa kelelahan. Dan belakangan ini kecelakaan jalan raya dikarenakan oleh microsleep disinyalir meningkat seiring dengan kondisi jalanan yang semakin halus dan lurus dengan maraknya pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia.

 

Menurut Profesor William C Dement, pakar ilmu tidur dan juga pendiri Sleep Research Center di Universitas Stanford di California Amerika Serikat mengatakan bahwa saat mengantuk, sebagian dari otak kita sebenarnya sudah dalam kondisi tertidur bahkan ketika mata melek sekalipun.

Beberapa tanda-tanda gejala microsleep antara lain, tatapan mata kosong, kehilangan fokus, tidak mampu mencerna kejadian di beberapa menit terakhir dan tanda-tanda tersebut hadir disertai dengan rasa kantuk yang hebat.

“Jika anda merasakah gejala seperti itu, jangan ditunda segeralah mencari tempat yang aman dan untuk tidur setidaknya 20 menit (nap power),” terang Catur Wibowo Trainer 4x4 di ORD Training Center. “Hal ini merupakan cara rekoveri paling efektif untuk atasi masalah kantuk,” sambungnya. "Jika melakukan perjalananan jauh, beristirahatlah setiap empat jam sekali untuk menjaga kondisi badan tetap bugar," tutupnya.

Catur menambahkan bahwa menyetir dalam kondisi letih atau mengantuk tidak boleh ditolerir. Walau terlelap sedetik saja, nyawa jadi taruhannya.

  

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com