Walah, Mobil Anda Belum Pakai ABS? Ini Teknik Pengeremannya

Walah, Mobil Anda Belum Pakai ABS? Ini Teknik Pengeremannya

ABS atau Anti-lock Braking System sudah menjadi fitur jamak yang ditemui pada unit mobil modern. Namun sampai saat ini masih terdapat beberapa model yang belum mengusung teknologi keselamatan ini. Kendaraan non ABS termasuk pula mobil lawas yang sebagian besar masih aktif digunakan sampai saat ini.

“Menggunakan mobil dengan fitur ABS jauh lebih aman jika dibanding tanpa ABS. Kemungkinan ban terkunci pada saat proses pengereman keras dapat dianulir,” terang Asep Rianto, salah satu pegiat Safety Driving yang banyak membagikan ilmunya pada driver yang ada di pertambangan.

 

Baca juga: FIRST DRIVE: Peugeot 5008 GT Line

Pria yang akrab disapa Hale ini mengatakan bahwa terdapat teknik pengereman yang harus diperhatikan pengguna mobil non ABS

  1. Teknik Treshold

Pengereman dilakukan dengan cara menahan  tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci,sehingga ban masih dapat dibelokkan.

       2. Teknik Stab

Melakukan pengereman dengan menekan dan melepas kembali secara berulang-ulang dengan cepat. Dengan demikian, maka kemungkinan ban akan terkunci saat pengereman jadi lebih kecil.

Teknik ini paling ideal dilakukan pada mobil yang masih menganut sistem drum brake atau rem tromol. Namun demikian, sebelumnya perlu latihan dengan didampingi oleh orang uang ahli dalam bidang tersebut.

       3. Teknik Squeeze

Metode pengereman ini mirip dengan pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com