Sistem Penggerak RWD VS FWD

Sistem Penggerak RWD VS FWD

Ada dua jenis penggerak roda yang cukup menarik untuk dibahas dan beredar di pasaran. Bahkan para penggunannya selalu memuji kelebihan dari sistem penggerak yang mereka anut pada mobil mereka masing-masing, penggerak roda tersebut adalah FWD (Front Wheel Drive) dan RWD (Rear Wheel Drive).

Tapi tahukah Anda bahwa masing-masing penggerak roda dibuat berdasarkan fungsi kendaraan tersebut. Dan kedua sistem penggerak juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Seperti dilansir Motor1.com, sistem RWD lebih jamak terpasang pada mobil mewah dan sport car. Sistem ini menawarkan handling yang lebih baik ketimbang FWD, sehingga pengendara bisa menikung dengan lebih solid. Selain itu, sistem RWD juga memiliki daya tahan yang lebih baik daripada FWD.

Sayangnya, mobil berpenggerak roda belakang lebih mudah tergelincir ketika menikung. Hal inilah yang membuatnya lebih dipilih untuk drifting. Akhirnya, akselerasi pada tarikan awal sedikit berkurang.

 

Sedangkan mobil dengan sistem FWD diyakini mampu berakselerasi lebih baik. Pasalnya, mesin akan menarik beban, bukan mendorong seperti pada RWD. Roda pun tak lebih mudah selip ketika manuver akselerasi.

Kelebihan lainnya ialah mobil jadi memiliki radius putar yang lebih lebar dibanding RWD. Hal ini menyebabkan mobil FWD mampu menikung dengan lebih cepat dan tajam. Selain itu, harga pembuatannya terbilang lebih murah ketimbang RWD.

Sayangnya, beban yang diangkat tidak bisa terlalu berat. Selain itu, perawatannya juga lebih sering daripada mobil RWD. Tak hanya itu, suspensi penopangnya harus lebih baik sehingga harganya menjadi mahal.

 

KELEBIHAN RWD :

1. Memiliki durability yang lebih baik.

2. Mampu membawa beban lebih banyak

3. Minim perawatan

KEKURANGAN RWD :

1. Kabin belakang lebih sempit

2. Harga mobil biasanya lebih mahal

 

KELEBIHAN FWD :

1. Radius putar lebih panjang

2. Lebih lincah

3. Kabin belakang lebih luas

KEKURANGAN FWD :

1. Butuh perawatan ekstra

2. Tidak mampu membawa beban banyak, apalagi saat melewati jalan menanjak

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com