Komparasi Spek Toyota Hiace Commuter VS Hyundai H-1

Komparasi Spek Toyota Hiace Commuter VS Hyundai H-1

Sebagian orang mungkin sering berangan-angan ketika mudik lebaran tiba, ia ingin membawa keluarga besarnya plesiran atau kembali ke kampung halaman bersama. Menggunakan mobil yang menampung orang banyak, mungkin menjadi solusi yang tepat ketika kita hendak keluar kota dan mengajak keluarga besar ikut serta di dalamnya.

Pilihan people carrier adalah salah satu yang bisa diperhitungkan, apalagi saat ini sudah banyak beredar mobil keluarga yang mampu mengangkut lebih dari tujuh penumpang. Seperti yang akan kami komparasikan kali ini, antara Hyundai H-1 dan Toyota Hiace.

Mesin 

Hyundai H-1 hadir dengan pilihan mesin baru 2.5 A2 TCi bertenaga 170 ps dengan torsi 392 Nm. Sementara Hiace dipersenjatai mesin D-4D 4 silinder berkapasitas 2.494 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 102 ps pada rpm 3.600 dan torsi puncak 259 Nm pada putaran mesin 1.600-2.400 rpm.

Kemudian untuk H-1 dilengkapi pilihan transmisi otomatik 5 percepatan yang dilengkapi mode manual tiptronic, sementara Hiace manual 5 percepatan.

Untuk urusan mesin, Hyundai H-1 lebih unggul dalam hal performa ketimbang Hiace. Hal tersebut juga dipengaruhi dari bobot H-1 yang lebih ringan dan dimensinya yang sedikit lebih kecil ketimbang Hiace.

 

Dimensi

Sebagai people carrier, Hyundai H-1 hadir dengan panjang 5.150 mm, lebar 1.920 dan tinggi 1.925. Sedangkan Toyota Hiace yang juga diperuntukan untuk kendaraan komersial sedikit lebih besar dengan panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm.

Dengan dimensi yang besar, Hiace mampu mengangkut lebih banyak penumpang. Untuk kapasitas penumpang tipe commuter, Toyota Hiace bahkan mampu menampung hingga 15 penumpang. Sedangkan H1 hanya mampu menampung maksimal 11 penumpang dengan konfigurasi kursi yang ada.

Meski demikian, soal pengendalian, jelas H-1 lebih asik untuk dikendarai ketimbang Hiace. Dimensi yang besar membuat Hiace kewalahan ketika kita menggunakannya di jalan yang sempit. Apalagi saat Anda harus parkir di tempat yang sempit.

Fitur

Baik H-1 maupun Hiace sudah dilengkapi dengan ventilasi AC pada setiap baris. Bahkan pada Hiace Commuter, ada tambahan soket listrik 12 Volt pada baris ketiga. Untuk keamanan, setiap kursi penumpang pada H-1 dan Hiace juga sudah dilengkapi safety belt tiga titik dan ada pengaturan maju-mundur dan sandaran kursinya. Selain itu, keduanya telah dilengkapi fitur keselamatan standar seperti Aibargs, ABS dan EBD.

Meski begitu, soal fitur hiburan, H-1 dirasa jauh lebih unggul. Konektifitas pada head unit layar sentuhnya sudah lebih lengkap, sudah tersedia Apple Carplay, Android Auto, serta sudah bisa mengakses peta perjalanan.

 

Harga

Berbicara harga, Toyota Hiace tipe commuter dijual Rp 475,25 juta sedangkan Hyundai H-1 tipe tertinggi Royale dijual Rp 604 juta, sementara untuk tipe terendah Elegance dijual Rp 490 jutaan.

Dengan perbedaan harga yang relatif sedikit, Anda dihadapkan pada pilihan antara kapasitas penumpang, atau kenyamanan mengemudi. Jika yang Anda butuhkan hanya daya angkut yang besar kemudian ingin digunakan untuk usaha jasa angkut seperti travel, maka Hiace bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda berfikir untuk membeli people carrier yang nyaman digunakan bersama keluarga dan sesekali Anda gunakan berpergian sendiri, maka H-1 mungkin lebih menarik.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com