5 Perilaku Berikut Bisa Memperpendek Usia Jok Kulit Mobil

5 Perilaku Berikut Bisa Memperpendek Usia Jok Kulit Mobil

Saat ini penggunaan material kulit pada interior mobil, khususnya pada jok, semakin marak. Bukan hanya milik merek premium, jok kulit juga bahkan hadir di mobil-mobil berharga terjangkau.  

Selain membuat tampilan kabin mobil terdongkrak lebih keren, beberapa orang meyakini jok yang dibungkus bahan kulit terasa lebih nyaman. Sayangnya bahan kulit juga rentan rusak.

 

 

Apalagi jika penumpang dan pengemudi selalu cenderung melakukan hal yang makin membuat permukaan kulit jok makin cepat rusak. Maka wajib Anda perhatikan hal apa saja yang bisa memperpanjang usia jok kulit di kabin mobil.

1. Makan atau minum sembarangan di mobil

"Sebaiknya jangan sampai penumpang dan pengemudi menumpahkan makanan atau minuman ke kulit jok. Coklat, soda, kuah bersantan, dan lainnya yang kena permukaan material kulit akan menyebabkan cepat rusak," jelas Ardy, teknisi workshop Padi Car Leather Seat di bilangan Pos Pengumben, Jakarta Barat. 

Jika terjadi hal seperti itu segera bersihkan area tumpahan sampai benar-benar bersih sesegera mungkin. Semakin lama dibersihkan, semakin besar kemungkinan cairan dari makanan atau minuman itu meresap ke bahan kulit.  

 

2. Menjemur mobil

Kebiasaan parkir mobil di tempat panas ternyata juga bisa mempengaruhi jok kulit. "Suhu kabin yang panas membuat kulit cepat mengelupas. Terlebih jika produk kulit jok adalah abal-abal (bukan kualitas baik), proses mengelupasnya akan lebih cepat," terang Ardy yang menyarankan untuk pilih tempat parkir yang lebih teduh.

 

 

3. Meletakkan barang bersudut tajam secara asal-asalan

Hal terakhir yang sebaiknya anda hindari adalah kebiasaan peletakan barang. Hilangkan kebiasaan meletakkan barang bawaan seperti kardus penuh muatan, laptop, barang belanjaan, dan sebagainya di atas jok. 

Beban benda dan sudut-sudut tajam pada benda tersebut bisa saja melukai permukaan jok. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama bisa memperparah kondisi tersebut.

 

4. Membiarkan jok mengering

Kulit mengelupas salah satunya disebabkan oleh kering. Ada baiknya jika kulit jok rutin dilap dengan cairan pelembab khusus. Produk yang banyak tersedia di pasaran ini diformulasikan untuk menjaga kelembapan kulit jok. Dengan demikian kelenturan kulit tetap baik dan tidak cepat rusak.

 

 

5. Masuk mobil dengan menggesek celana

Terlihat sepele namun bisa merusakkan kulit secara cepat. Gesekan bagian belakang celana Anda dengan kulit akan membuat kulit rusak. Apalagi bila menggunakan celana jeans kasar yang juga ada pernik logam di belakangnya.

Saat masuk mobil, sebisa mungkin dijaga jangan sampai celana bergesekan dengan bagian pinggir kursi. Bila perlu mundurkan dulu jok sebelum masuk.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com