Buat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang

 Soni Riharto    18 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Sewaktu menerima undangan dari Hyundai Motors Indonesia (HMID), saya tidak membayangkan suatu hal yang mengguncang nyali. Pada kenyataannya, mencoba Hyundai Ioniq 5 N dan Elantra N (Avante N), di Hyundai Motor Group (HMG) Driving Experience, di Taean, Korea Selatan, benar-benar mampu meledakkan adrenalin. 

Undangan ini sendiri dalam rangka 2024 Pan-ASEAN N Day. Kalimat singkatnya, pengenalan N Brand untuk pasar Asia. Jadi tak hanya media Indonesia. Tapi juga, Singapura, Thailand dan Filipina. Test drive di HGB Driving Experience ini disediakan beragam trek sesuai fitur-fitur yang ada. Mulai gymkhana, drag race, corner braking, N Carving Course, race track dan Taxi High Speed. 

Kami cerita dulu soal EV Ioniq 5 N. Dia dari lahir memiliki DNA balap. Motor listriknya  mampu berputar hingga 21.000 rpm dan menghasilkan tenaga hingga 650 HP dengan torsi 770 Nm. Menurut data, 0-100 kilometer/jam hanya butuh 3,4 detik. 

Saat kami coba, mobil yang memiliki kapasitas baterai 84 kWh ini, melesat bagaikan peluru yang ditembakkan dari laras pistol. Dan dengan bantuan N Grin Boost (NGB), mampu membuat kepala terasa terdorong seketika ke jok yang berbentuk bucket seat. Kecepatan maksimumnya pun mencapai 260 km/jam, saat digeber di trek oval. 

OtoDriver dan Joon Park, Vice President Head Of N Brand Management Group 

Ioniq 5 N ini berpenggerak All Wheel Drive (AWD) dengan tambahan perangkat e-LSD (Limited Slip Differential) di sumbu roda belakang. Digerakkan dua motor listrik dengan handling yang terinspirasi dari motorsport utamanya WRC, TCR World Tour dan Nurburgring 24H. Motor depannya sendiri menghasilan 226 PS dan belakang 383 PS. Artinya ada tambahan sekitar 45 PS jika tombol NGB diaktifkan. 

Integrated drive axles (IDA) yang layaknya mobil WRC diterapkan di depan maupun belakang dan diperkuat agar bisa menahan torsi motor listrik yang besar.  Mendukung itu dipakai pelek berukuran 21 inci yang dibalut 275/35R21 Pirelli P-Zero. 

Sirkuit Taean jadi ajang pembuktian Otodriver di balik kemudi Ioniq 5 N 

Dampaknya sangat terasa ketika melahap tikungan saat di trek gymkhana. Mobil nurut seperti maunya pengemudi. "Inilah sebuah mobil balap yang siapapun bisa mengemudi.  Tidak perlu modifikasi khusus, Anda tinggal merasakan sensasinya, " ujar Joon Park, founder N Brand yang saat ini menjabat sebagai Vice President Head Of N Brand Management Group di Hyundai Motor Group. 

Untuk sebuah kendaraan spek mirip balap ini, juga dibutuhkan konstruksi khusus. Menurut Joon, "Sasis bagian bawah berbeda struktur dibanding Ioniq 5. Walau body shell sama," terangnya. Itu juga salah satu yang menunjang kemampuan cornering mobil listrik yang memiliki kemampuan charging 350 kW ini, sangat baik. Dimulai dengan penyempurnaan pada struktur, yang mereka sebut body-in-white (BIW), dengan menambah 42 titik pengelasan dan perekat sepanjang 2,1 meter untuk membuat mobil lebih kaku (rigid). Lalu, dudukan motor dan baterai diperkuat, juga subframe depan dan belakang ditingkatkan untuk kekakuan lateral.

Yang juga menarik, kami mencoba beberapa fitur pendukung yang sangat mudah dioperasikan. Misalnya N Torque Distribution. Ketika kita memfungsikan, mobil mampu menyesuaikan distribusi torsi depan atau belakang sesuai kebutuhan dan dapat diatur hingga 11 level.

Lalu ada N Pedal, yang sangat pintar. Perangkat ini dirancang untuk meningkatkan sensitivitas throttle ketika menikung dengan cepat.  Tambahan fitur lain yang sangat menggugah adalah N Drift Optimizer. Tombol ini mampu membuat Anda drifting seperti profesional. Fungsi Torque Kick Drift ibarat tendangan kopling mobil penggerak roda belakang saat akan  memulai drift. Saat dicoba, memang membutuhkan penyesuaian beberapa saat. Tapi jujur, sangat mudah digunakan. 

Interior Ioniq 5 N 

Terapan lain dari motorsport ada di sistem pengereman. Mereka mengoptimalkan untuk pengereman kaki kiri jika Anda membutuhkan. Ini karena penggunaan cakram depan  berdiameter 400 mm dengan kaliper monoblok empat piston plus cakram belakang 360 mm. Aliran udaranya pun dimaksimalkan untuk meningkatkan efisiensi pendinginan.

Asyiknya, mobil yang memiliki kemampuan jelajah baterai hingga 448 km ini, dilengkapi N Sound+ yang menggunakan 10 speaker interior dan eksterior. Raungannya bisa menyebabkan Anda tak akan mau melepas pedal gas. Bisa dibayangkan ketika kami berada di balik kemudi yang desainnya benar-benar seperti mobil balap yang dilengkapi N Grin Shift dan beberapa tombol mode mengemudi. Membuat kami seperti tak akan pernah puas mencobanya. 

Apakah akan datang ke Indonesia? Jika Anda benar-benar car enthusiast, siap-siap akan kehadirannya. "Akhir tahun ini akan ada di negara Anda," papar Joon dengan mimik berbinar. (SR) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHyundai Sonata Dinobatkan Jadi Sedan Mid-Size Terbaik1 hari laluBeritaHarga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas3 hari laluBeritaHarga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?4 hari laluBeritaHarga All New Hyundai Kona Electric, Masuk Di Antara Atto 3 Dan Omoda E55 hari lalu

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Harga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas
Ganti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya
Inilah Mobil Chery Paling Laris di Jawa Tengah
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang

Berita Terbaru

BeritaSudah Dipesan Lebih 100 Unit, Chery Bakal Rilis Harga Resmi Tiggo 5X Bulan Ini.12 jam laluBeritaHarga BBM Shell, AKR-BP dan Vivo Turun. Pertamina Tidak Ada Koreksi12 jam laluBeritaGWM Tarik Diri Dari Eropa Karena Penjualan Tidak Sesuai Harapan, Kini Manajemen Diatur Langsung Dari China15 jam laluMobil ListrikHuawei Siapkan Mobil Super Mewah Yang Bakal Saingi Rolls-Royce Phantom dan Maybach16 jam laluBeritaChery: Di Cina, Harga Mobil Listrik Bekas Juga Terjun Bebas17 jam laluBeritaKonsumen Masih Bisa Tukar Omoda E5 Interior Hitam Selama Unit Inden Belum Diterima18 jam laluBeritaMercedes-Benz National Service Weeks Tahun Ini Berkolaborasi Dengan Petronas, Ini Keuntungannya20 jam laluBeritaChery Omoda E5 Dapati Warna Interior Gelap1 hari lalu