Tapak Ban Mobil Anda Tidak Habis Secara Merata? Ini Penyebabnya

 Aditya Widiutomo    30 January, 2023
Tips

Tapak ban mobil akan berkurang ketebalannya seiring dengan pemakaian. Biasanya usia ban mobil bisa mencapai 60.000 km hingga 80.000 km tergantung dari kondisi pemakaian pengguna.

Kendati demikian, seringkali permukaan tapak ban mobil tidak habis secara merata. Terkadang, tapak ban aus di satu bagian sisi saja.

Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan penyebab kondisi ban yang habis tidak merata tersebut.

"Ban habis tidak rata antara bagian kiri dan kanan bisa jadi setelan atau setting camber dan toe salah atau sudah bergeser," ujar Abeng.

Maka dari itu, mobil dibutuhkan proses spooring dalam kurun waktu tertentu.

"Tingkat kelurusan roda mobil harus dicek ulang dan dikalibrasi di mesin spooring agar sesuai dan tidak menyebabkan ban habis pada satu sisi saja," tambahnya.

Ada satu lagi penjelasan, keausan tapak ban yang tidak merata disebabkan oleh kondisi camber yang disetel secara negatif.

"Bila sudut camber disetel negatif maka bagian sisi dalam ban yang akan cepat aus," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi11 jam laluTipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban2 hari laluBeritaPolres Cianjur: Hindari Jalur Jonggol-Puncak II Saat Malam Hari08 April 2024BeritaJalur Arteri Lintas Selatan Jawa: Waspadai Jalur Nagreg08 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Toyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik

Berita Terbaru

BeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara2 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC7 jam laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik9 jam laluBeritaSPY SHOT: BYD Double Cabin Terlihat Lebih Jelas10 jam laluTipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi11 jam laluBeritaJasa Marga: Arus Balik 1,3 Juta Kendaraan Masuk Jabodetabek13 jam laluBerita60 Tahun Ford Mustang. Awalnya Ditargetkan Untuk Wanita23 jam laluBeritaCalon Penerus Mazda6 Bakal Hadir Dalam Wujud PHEV dan EV1 hari lalu