Kebiasaan Langsung Mematikan Mesin Tanpa Matikan AC, Bisa Rusak AC Mobil?

 Aditya Widiutomo    13 March, 2023
Tips

Sistem pendingin ruangan atau ac pada mobil terkadang perlu perhatian khusus supaya umurnya awet. Perhatian utamanya tentu cara penggunaan.

Beredar mitos yang menyebutkan bahwa mematikan AC mobil harus lebih dahulu ketimbang mematikan mesin mobil. Lantas apakah hal itu benar?

Tiyono selaku kepala mekanik di bengkel AC Sejuk Abadi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan bahwa hal tersebut tidak lagi berlaku pada mobil-mobil modern.

"Mungkin kalau di mobil zaman dahulu itu berlaku, Tapi tidak di mobil-mobil modern karena sekarang kan sudah diatur sama ECU semua. Jadi, saat mesin masih belum hidup dan AC diaktifkan, AC tidak akan langsung menyala karena sudah diatur dari ECU. Begitu pun sebaliknya.," jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa kebiasaan ini tidak akan merusak komponen pendukung AC itu sendiri.

“Kebiasaan ini tidak akan merusak AC. Apalagi di mobil-mobil modern,” tambahnya.

Tiyono juga menambahkan bahwa untuk menjaga sistem pendingin mobil, hal terpenting adalah kebersihannya.

“Yang penting kebersihannya. Seperti misalnya penggantian filter ac tepat waktu, tidak menggunakan parfum berlebihan, tidak merokok di dalam kabin, dan sebagainya,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun1 hari laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion5 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Mudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual11 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih12 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia14 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)15 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun17 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu