Rem Parkir Kurang Pakem, Mungkin Ini Penyebabnya

 Aditya Widiutomo    15 November, 2022
Tips

Parking Brake atau yang lebih akrab dengan sebutan rem tangan menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Salah satu fungsinya adalah menahan mobil saat parkir agar tidak berpindah tempat.

Seiring berjalannya waktu, kinerja rem tangan akan menurun dengan sendirinya akibat pemakaian. Lantas, bagaimana cara mengetahui kondisi rem tangan yang bisa dikatakan tak lagi dalam kondisi prima?

Sumarmin selaku Head Mechanic Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menjelaskan sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi piranti ini bahkan tanpa harus dibongkar.

"Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas. Biasanya setingan dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik, nah kalau sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi bisa langsung dicek untuk memastikan kondisi rem," ujarnya ketika dihubungi tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Sumarmin juga menyampaikan, selain karena kampas rem yang sudah menipis, biasanya yang membuat tarikan rem tangan berubah yakni adanya kotoran di dalam mekanisme rem tangan tersebut. Secara otomatis, jalur kabel rem tangan pun ikut tersumbat.

"Kalau tersumbat saat mau menurunkan tuas juga sedikit susah. Memang jarang yang perhatikan, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tersebut segera melakukan perawatan. Umumnya akan dicek, kemudian pembersihan, sampai menyetel ulang kembali bila memang kondisi kampas masih normal," tambah pria ramah ini.

“Bawalah ke bengkel atau dealer terdekat untuk pengecekan komponen ini. Kalau kotor dibersihkan, tetapi bila sudah aus, kampas harus diganti,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya13 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban16 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-64 jam laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik9 jam laluMobil ListrikXiaomi Untung Besar, Mobil Pertamanya SU7 Laris Manis Terpesan 70.000 Unit12 jam laluTipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya13 jam laluBeritaMercedes-EQ G-Class EV Resmi Melakukan Debut Dunianya14 jam laluDaftar HargaDaftar Harga CHERY Terbaru (April 2024)15 jam laluBeritaTertarik GWM Haval H6 Hybrid? Simak Skema Kreditnya Hingga 6 Tahun17 jam laluBeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual1 hari lalu