Kiat-Kiat Agar Setir Mobil Tidak Gampang Belel

 Aditya Widiutomo    28 November, 2022
Tips

Lingkar kemudi atau yang biasanya akrab dengan sebutan setir menjadi salah satu piranti terpenting dalam mobil. Setir menjadi alat pengendalian utama untuk menentukan arah lajunya mobil. Biasanya setir dilapisi oleh bahan kulit maupun karet agar pengemudi dapat menggenggamnya dengan nyaman.

Namun, masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan bagian ini. Sehingga seiring lamanya usia pemakaian, bagian luar setir menjadi kusam bahkan rusak. Bahkan bisa saja terjadi dalam waktu yang singkat.

Stefanus atau yang biasanya akrab dipanggil Aan selaku pemilik bengkel interior mobil Lederwerks menerangkan bahwa setir mobil biasanya memiliki jangka waktu pemakaian.

"Banyak sekali karet atau kulit pembungkus setir rusak. Biasanya, mobil yang sering digunakan, setirnya belel. Sebenarnya setir mobil juga ada umurnya,” ujar Aan selaku pemilik bengkel di kawasan BSD, Tangerang Selatan tersebut.

Salah satu penyebab setir mobil cepat rusak adalah keringat yang keluar dari telapak tangan. Air keringat tersebut jika dibiarkan bakal mengendap di lapisan luar kemudi.

"Sebaiknya jika kalau mau nyetir, tangan harus dalam keadaan kering, jika berkeringat harus dilap terlebih dahulu," tambah Aan.

Penyebab lain rusaknya setir, adalah aksesori yang digunakan di tangan, misalnya cincin. Cincin pada jari tangan akan menggores setir ketika berkendara.

"Cincin juga bisa ngerusak permukaan setir, jika mau setir lebih awet, hindari tangan berkeringat dan pemakaian cincin di tangan," tutup Aan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsTapak Ban Mobil Anda Tidak Habis Secara Merata? Ini Penyebabnya11 jam laluTipsTips Perawatan Ban Mobil Biar Lebih Awet3 hari laluTipsSunroof Ternyata Butuh Perawatan, Begini Caranya3 hari laluUsed CarJasa Inspeksi Mobil Bekas Satu Ini Kini Punya Layanan Baru, Apa Itu?3 hari lalu

Trending

Ada Banyak Varian, Suzuki Grand Vitara Bisa Dipesan Mulai Rp 5 Juta
Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan

Berita Terbaru

BeritaGoodyear Berikan Garansi Ban 12 Bulan, Ban Benjol atau Robek Langsung Diganti3 jam laluTipsBanyak Yang Belum Tahu, Menutup Bagasi Sebaiknya Dibanting atau Ditekan?3 jam laluBeritaSegini Prediksi Harga Suzuki Grand Vitara Yang Meluncur di Indonesia5 jam laluBeritaPenjualan 2022 Meningkat Tajam, KIA Andalkan 3 SUV Ini7 jam laluBeritaIndonesia Akan Jadi Sentra Produksi SUV Monokok Pengganti Innova dan Pajero Sport8 jam laluBeritaBukan Jepang atau Korea. China Jadi Pesaing Terbesar Industri Kendaraan Listrik9 jam laluBeritaInilah 10 Brand China Yang Paling Banyak Ekspor Mobil Keluar Negeri Termasuk ke Indonesia9 jam laluBeritaAda Aturan Ketat untuk Mendapatkan Pelat Nomor Khusus10 jam lalu