Jangan Salah, Begini Etika Penggunaan Lampu Jauh yang Direkomendasikan

 Afrizal Abdul Rahman    04 December, 2022
Tips

Setiap mobil dilengkapi dengan lampu guna menerangi jalan, meliputi lampu senja, pendek hingga jauh yang setiap masing-masing lampu memiliki fungsi.

Namun tak sedikit yang menggunakan lampu dim atau jauh yang dinilai lebih terang.

Kondisi tersebut tentu tak dibenarkan, lantas bagaimana etika penggunaan lampu jauh yang benar?

"Lampu jauh (hi-beam) diaktifkan hanya sebagai alat komunikasi (kendaraan)," kata Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver.com.

 Baca Juga:   Catat! Ternyata Ini Penyebab Lampu Mobil Sering Mati

Lebih lanjut Sony mengatakan lampu jauh digunakan hanya untuk menambah visibilitas pengemudi, dan ketika kondisi penerangan sudah mulai kembali baik bisa redupkan (ganti ke posisi lampu low beam).

"Segera redupkan apabila visibilitas sudah mencukupi atau ada kendaraan dari arah berlawanan," tambahnya.

Seperti diketahui, terdapat perbedaan penggunaan berdasarkan sudut lampu. Seperti lampu dekat memiliki sudut yang mengarah ke jalan, sedangkan lampu jarak jauh menyorot jauh ke depan atau sejajar dengan jalan.

Sayangnya, penggunaan lampu jauh ini kerap disalahartikan oleh pengguna kendaraan. Untuk itu, dengan penjelasan di atas semoga bisa memahami etika penggunaan yang baik.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMasih Ada ‘Setengah Juta’ Kendaraan Dari Sumatera Belum Pulang Ke Jawa3 hari laluBeritaArus Pemudik Ke Arah Barat Jabodetabek Makin Padat06 April 2024BeritaApakah Itu Lampu BiLED?19 February 2024TipsPerlukan Fog Lamp Dihidupkan Saat Hujan? 14 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien2 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China3 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20244 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak5 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri17 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara20 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik1 hari lalu