Hyundai dan Motional Produksi Ioniq 5 Robotaxi di Singapura

 Suryo Sudjatmiko    26 November, 2023
Mobil Listrik

OTODRIVER - Hyundai Motor Group dan Motional, sebuah perusahaan patungan kendaraan otonom asal AS menggumumkan bahwa mereka akan mulai memproduksi mobil Robotaxi yang mengambil basis pada Hyundai Ioniq 5.

Bukan di Indonesia atau Korea Selatan, namun mobil dengan teknologi otonom level 4 ini akan mulai diproduksi di Hyundai Motor Group Innovation Centre in Singapore (HMGICS) yang berada di Jurong, Singapura. Fasilitas di negeri tetangga ini merupakan yang termuda dan didirikan pada 2022 silam.

Di tahun 2023 ini mereka pun mendapatkan lampu hijau untuk memproduksi Ioniq 5. HMGICS sendiri merupakan lokasi perakitan Ioniq 5 ketiga di Asia Tenggara setelah Indonesia dan Vietnam.

Ioniq 5 Robotaxi 

Kembali ke Ioniq 5 Robotaxi, seperti dikutip dari techcrunch.com, unit yang akan diproduksi ini merupakan wujud dari layanan komersial Motional di AS pada 2024.

Mobil listrik full otonom ini sudah mengantongi sertifikasi dari Federal_Motor_Vehicle_Safety_Standards (FMVSS) atau Badan  Standar Keamanan Kendaraan Bermotor Federal AS.

Motional telah mengembangkan prototipe Ioniq 5 versi otonom sejak Maret 2021, namun kendaraan produksi akan dibangun dengan semua teknologi otonom, seperti perangkat keras dan perangkat lunak, yang terintegrasi penuh.

Namun demikian, Ioniq 5 Robotaxi ini tetap dilengkapi dengan lingkar kemudi dan pedal seperti halnya Ioniq 5 versi regular. Kehadiran perangkat itu tujuannya untuk dapat diambil alih oleh manusia.  

Motional tidak mau memastikan berapa banyak kendaraan yang telah dikirim ke AS, pasar mana yang akan dikerahkannya, atau berapa kapasitas produksi HMGICS. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHyundai Ioniq 5 Batik Andalkan Corak Kawung Khas Jogjakarta, Dijual Tidak Sampai 1.000 Unit3 hari laluBeritaHyundai Kona EV Resmi Diperkenalkan, Harga Rp 500-600 Jutaan15 February 2024BeritaHyundai Bakal Hadirkan Dua Mobil Baru Di IIMS 2024, Termasuk Ioniq 5 N?13 February 2024Mobil ListrikHyundai Tak Khawatir Soal Datangnya Brand-Brand Asal China08 February 2024

Trending

Belum Resmi Meluncur, Harga Toyota Hilux Rangga Terkuak
Apakah Itu Lampu BiLED?
Maxus 9 Resmi Di Bawah Bendera MG Motor, Ini Alasannya
Hyundai Kona EV Resmi Diperkenalkan, Harga Rp 500-600 Jutaan
Chery Tiggo 5X, Resmi Diperkenalkan Di Indonesia (20 FOTO)

Berita Terbaru

BeritaChery Omoda E5 Ditargetkan Tembus 800 SPK Selama IIMS13 jam laluBeritaUpping Price Suzuki Jimny-5 door, YLKI Sebut Tidak Ada Pelanggaran Hak Konsumen15 jam laluBeritaDesainer Jimny : Suzuki Jimny 5-door Sudah Dirancang Sejak Awal Kelahiran Gen IV16 jam laluBeritaChery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Harga Mulai Dari Rp 249 Juta17 jam laluMobil ListrikSolusi Sewa Baterai, VinFast Dilirik Perusahaan Taksi18 jam laluBeritaHeboh Soal ‘Upping Price’ Suzuki Jimny 5-door, Apa Harus Beli Sekarang? 20 jam laluBeritaGreat Wall Motor Pastikan Diri Bermain Di Segmen Premium20 jam laluTipsPenyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata23 jam lalu