Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Mobil Listrik

Begini Cara Nissan Mengakali Mobil Listrik Tetap Bisa Bersuara Merdu

Mobil listrik memang ramah lingkunan, tapi begitu silent. Para penggunannya tidak merasakan adrenalin yang sama seperti menggeber mobil bensin bertenaga besar. Begini cara Nissan mengakalinya
Mobil Listrik - Kamis, 30 September 2021 10:00 WIB
Penulis : Ahmad Biondi


Suara raungan mesin mungkin akan semakin tidak terdengar jikalau peredaran mobil berbahan bakar fosil terus menurun. Hal ini tentu akan menimbulkan kerinduan para petrolhead, apalagi mobil listrik yang diciptakan agar lebih ramah lingkungan tersebut, cenderung tidak menimbulkan bunyi meskipun memiliki tenaga dan torsi yang besar.

Seperti dilansir Kyodo, Nissan Motor Co. dan unit riset perusahaan hiburan besar Bandai Namco Holdings Inc., yang memproduksi berbagai game dari seri "Pac-Man" hingga "Mobile Suit Gundam", mengembangkan efek suara seperti menginformasikan pengemudi untuk memakai sabuk pengaman dan peringatan saat pintu tidak tertutup.

Suara tersebut diperkenalkan pada model baru mobil kompak Note di Jepang, kendaraan sport Rogue dan Pathfinder di Amerika Serikat, serta Qashqai di Eropa yang mulai dijual sejak musim gugur tahun lalu.

Kolaborasi ini mencerminkan pengetahuan yang terakumulasi dalam industri video game tentang cara menyampaikan informasi yang diperlukan secara akurat dan memperingatkan perubahan situasi, kata perusahaan tersebut.

BACA JUGA


Dalam lima tahun masa percobaan, perusahaan mencoba berbagai pola skala dan tempo serta mencari suara ideal yang canggih, nyaman didengar dan tidak mengkhawatirkan.

"Kami menghilangkan ekspresi berlebihan dan menciptakan suara yang mudah didengar," kata Direktur suara di Bandai Namco Research Inc. Minamo Takahashi.

Lead engineer Nissan untuk desain suara informasi dalam mobil Hiroyuki Suzuki mengatakan bahwa model Note terbaru kini memberikan kesan modern dengan suara kontemporer. Beberapa pembuat mobil lain mencoba membedakan kendaraan mereka dengan membuat suara mengemudi yang sebanding dengan pengapian dan percepatan mesin bensin.

BMW AG Jerman mengajak pemenang Academy Award Hans Zimmer, yang menyusun soundtrack untuk seri "Pirates of the Caribbean", untuk mengembangkan suara yang cocok untuk kendaraan listrik mereka. Di Jepang, fitur akustik baru akan tersedia pada model SUV iX mulai musim gugur ini.

Toyota Motor Corp. menciptakan suara buatan untuk akselerasi, ketika mendesain ulang kendaraan sel bahan bakar hidrogen Mirai pada bulan Desember.


Tags Terkait :
Nissan Note E Power
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Nissan X-Trail Hybrid Siap Melantai di Indonesia, Simak Bocoran Spesifikasinya

1 tahun yang lalu


Berita
Nissan March Sayonara Secara Global

1 tahun yang lalu


Berita
Nissan Kicks Facelift Hadir Di Thailand

2 tahun yang lalu


Tips
Deretan Mobil Baru Nissan Untuk Tahun Depan, Fairlady Z Paling Ditunggu

2 tahun yang lalu


Mobil Listrik
Nissan Note e-Power Sabet Gelar Mobil Terbaik Jepang, Mengalahkan HR-V dan BRZ

2 tahun yang lalu


Berita
Nissan Kicks e-Power Dapat Penyegaran Tahun Depan

2 tahun yang lalu


Berita
Nissan Hentikan Produksi Mobil Mesin Konvensional Mulai 2050

2 tahun yang lalu


Mobil Listrik
Begini Cara Nissan Mengakali Mobil Listrik Tetap Bisa Bersuara Merdu

2 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

6 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

6 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

8 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

9 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

13 jam yang lalu