Tes Lengkap: Toyota All New Vios 2022

 Afrizal Abdul Rahman    04 February, 2023
First Drive

Toyota menyegarkan kembali pasar sedan dengan menghadirkan All New Vios 2022 yang dibangun di platform baru yakni Daihatsu New Global Architecture alias (DNGA) dalam jangka panjang. 

Hadir pada tahun 2022, mobil sedan ini memiliki banyak keunggulan dan perubahan, baik dari desain yang ditawarkan hingga kelengkapan fitur yang dihadirkan. 

Kali ini tim OtoDriver berkesempatan menjajal mobil ini dalam jangka waktu panjang dan berikut hasil tes lengkap yang sudah dicoba beberapa waktu lalu. 

Desaineksteriordaninterior

Dari desain yang ditawarkan untuk eksterior berubah total, kini Vios terbaru memiliki tampilan yang lebih sporty, terlihat agresif dan modern dari sisi depan kemudian pada bagian belakang tergolong mirip dengan Honda Civic, dan memiliki desain lebih sporty. 

Pada desain interior, Vios terbaru memiliki desain ruang kabin yang lebih nyaman. Beberapa titik terdapat bahan soft touch, terlebih semua serba digital membuat mengendarai mobil ini sangat fun to drive. Apalagi pada bagian setir dibalut dengan bahan kulit yang membuatnya lebih nyaman saat digenggam menambah kesan mewah untuk mobil sedan ini. 

Kelengkapanfitur 

Hadir dengan desain yang mewah tentu tak pas jika fitur tak lengkap. Kini, Toyota memberikan fitur yang tergolong lengkap untuk Vios terbaru, seperti panel instrumen yang digital dengan layar 7 inci. 

Sementara itu dari sisi keselamatan, Vios terbaru sudah dilengkapi dengan dual airbags, sensor parking, VSC (Vehicle-Stability Control), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Brake Assist), dan untuk varian tertinggi dibekali dengan Toyota Safety Sense atau TSS.

Toyota Safety Sense terdiri dari Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Automatic High Beam (AHB).

Rasaberkendara

Lantas bagaimana rasa berkendara mobil sedan ini? Pertama dari suspensi yang ditawarkan jauh lebih empuk dan lembut dan bantingannya lebih mengayun. Bahkan di kecepatan tinggi pun tetap halus. 

Tetapi dari sisi handling nya memang masih ada gejala body roll tetapi tidak dalam tahap menganggu. Artinya masih memberikan kenyamanan berkendara. 

Vios terbaru ini di tenagai oleh jantung pacu berkubikasi 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 106 dk dan torsi 138 Nm. Mesin ini berpadu dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatik CVT.

Konsumsibahanbakar 

Berdasarkan hasil pengetesan untuk konsumsi BBM dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, Vios berhasil meraih angka konsumsi 14,8 km/l. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Vios mencatatkan angka 22 km/l.

Menariknya,  Toyota Vios lebih baik dari beberapa pesaingnya. Seperti Honda City yang meraih angka konsumsi BBM 14,1 km/l untuk rute dalam kota dan 21,1 km/l untuk rute tol. Menarik bukan? 

Kekurangan

Dari kelebihan yang ditawarkan pandangan kami ada juga kekurangan dari Toyota Vios. Pertama dari sisi head unitnya yang tergolong tinggi dari dasbor sedikit menganggu visibilitas. Selain itu pada bagian cup folder bagian dekat pengemudi mengeluarkan suara ketika melewati jalan yang agak rusak. 

Tak hanya itu saja, untuk mengganti instrument digitalnya juga membutuhkan effort dimana harus berhenti, jadi ketika bosan tidak bisa dilakukan penggantian saat berkendara. Pada bagian depan juga tidak dilengkapi dengan USB slot, sebenarnya ada tapi pada bagian sistem infotainment saja. Dilengkapi dengan sensor parkir dan kamera mundur, tetapi Toyota hanya menghadirkan satu tombol untuk menggunakan keduanya, alangkah baiknya bisa dipisahkan. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaDeretan Mobil yang Meluncur di Pameran Otomotif IIMS 202407 February 2024BeritaJakarta Supersport Championship 2024, Lima Cabang Olahraga Dalam Satu Sirkuit04 February 2024BeritaIni Barisan Peserta IIMS 2024, Start Sehari Usai Coblosan Pemilu 01 February 2024BeritaElon Musk: Kesuksesan Mobil China Bisa Hancurkan Produsen Otomotif Lainnya26 January 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)

Berita Terbaru

BeritaMercedes-EQ G-Class EV Resmi Melakukan Debut Dunianya2 jam laluDaftar HargaDaftar Harga CHERY Terbaru (April 2024)3 jam laluBeritaTertarik GWM Haval H6 Hybrid? Simak Skema Kreditnya Hingga 6 Tahun5 jam laluBeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual23 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih1 hari laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia1 hari laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)1 hari laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun1 hari lalu