Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Wuling Air ev, Masih Jadi Mobil Listrik Terlaris Di Indonesia

Wuling Air ev telah sentuh angka 14.000-an unit dan jadi mobil listrk terbanyak di Indonesia
Berita - Sabtu, 8 Juni 2024 13:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


OTODRIVER - Mobil listrik di Indonesia semakin bertumbuh dari waktu ke waktu. Saat ini tercatat 21 pabrikan yang telah menjajakan EV di negeri Zamrud Khatulistiwa ini mulai dari Hyundai, Wuling, BMW, Mini, DFSK, MG, Chery, Tesla, Toyota dan lain sebagainya.

Data dari Gaikindo tercatat di sepanjang Januari-April 2024 penjualan mobil listrik sudah mencapai 7.745 unit, mewakili sekitar 30 persen dari total penjualan mobil elektrifikasi yang juga berisi mobil hybrid.

Khusus mobil battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik murni persaingan semakin seru di tahun ini dengan masuknya brand-brand baru yang fokus jualan EV, khususnya dari China seperti GAC Aion dan yang terbaru adalah Zeekr.

BACA JUGA

Berdasarkan data Gaikindo, angka wholesale Wuling Air ev masih menjadi mobil terlaris yang ada di tanah air. Dari data tersebut mobil mini yang berasal dari pabrik Cikarang ini sudah mencapai lebih dari 14.000 unit terhitung dari peluncuran hingga bulan Mei 2024.

Ia pun mengalahkan Hyundai Ioniq 5 yang hadir terlebih dulu. Besutan ‘H’ miring ini berhasil muncul sebagai runner up dengan total 9.397 unit terhitung dalam periode yang sama.

Peringkat ketiga disabet oleh Wuling Binguo EV dengan total 4.906, sedangkan peringkat selanjutnya angka penjualannya masih jauh di bawah ketiga EV tersebut di atas.

Dengan demikian Air ev menduduki peringkat pertama dan menjadi mobil EV terbesar populasinya di Indonesia. Mobil mulai melakukan debut dunianya di Indonesia pada ajang GIIAS 2022, dan baru disusul debut di Cina beberapa bulan setelahnya.

Air ev Lite, varian paling ekonomis 

Mobil yang menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) ini pun mulai dijual di pasar negeri batik pada Agustus 2022, tepatnya pada gelaran GIIAS 2022.

Pasar Indonesia merespons dengan baik. Di sepanjang 2022, Air ev mampu membukukan angka wholesales 8.083 unit dan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Wuling. Dan Air ev pun menjadi pembuka kesuksesan produk-produk EV Wuling lainnya seperti Binguo EV dan Cloud EV di kemudian hari.

Air ev dengan mudah memikat pasar karena menjadi mobil listrik terjangkau pertama di Indonesia yang mampu diterima semua khalayak.

Sejumlah fitur canggih ditawarkan seperti Wuling Remote Control via IoV, voice command berbahasa Indonesia atau dikenal sebagai Wuling Indonesia Command (WIND).

Tak ketinggalan berbagai fitur keselamatan menyertainya seperti 2 Airbag (untuk tipe Long Range dan Standard Range), ABS, EBD (electric brake distribution), ESC (electronic stability control), EPB (electronic parking brake), AVH (automatic vehicle holding), ISOFIX hingga Sound Module for Pedestrian Warning, semacam suara artificial dari Air ev sehingga pejalan kaki menyadari kehadiran mobil ini. Selain itu masih ada fitur keamanan lainnya seperti TPMS (tire pressure monitoring system)

Dari sisi spesifikasi, ia dibekali dengan baterai Lithium Ferro-phosphate IP67 certified dan memiliki garansi hingga 8 tahun. Motor listriknya mampu menghasilkan daya 30 kW dengan torsi 120 Nm yang disalurkan pada roda belakang melalui transmisi Single Reduction Gear Transmission.

Popularitas Air ev dikarenakan juga oleh Low Cost of Ownership alias rendah biaya pemeliharaan dan juga biaya operasional yang rendah sebagai mobil listrik murni, Wuling Air ev menjadi mobil yang tidak terpengaruh dengan aturan ganjil-genap, sehingga sangat membantu dalam keluwesan mobilitas khususnya di jalanan Jakarta. Air ev juga mudah untuk diisi daya baterainya dengan konsep easy home charging, di mana EV ini dapat dengan mudah di-charge di rumah maupun di SPKLU. (SS)

 


Tags Terkait :
Wuling Air Ev Wuling Indonesia Wuling Air Ev Indonesia Air Ev BEV Terlaris Di Indonesia
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
MG City EV, Kembaran Wuling Air ev Segera Meluncur. Punya Kandungan Lokal Lebih Tinggi

1 tahun yang lalu


Berita
Wuling Air ev, Masih Jadi Mobil Listrik Terlaris Di Indonesia

3 minggu yang lalu


Mobil Listrik
Wuling Cloud EV Potensi Besar Diterima Jadi Pilihan Mobil Listrik Keluarga

1 bulan yang lalu


Berita
Periklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

1 bulan yang lalu


Terkini

Mobil Listrik
Mengenal Bozhi 3X, Mobil Listrik Kolaborasi Toyota dengan GAC Yang Punya Fitur Self-Driving

17 jam yang lalu


Mobil Listrik
Inilah Mobil Listrik Pertama VW Yang Diproduksi di China, Akan Ada 5 Model Lagi Sampai 2027

19 jam yang lalu


Mobil Listrik
Mobil Listrik Pertama Ferrari Meluncur 2026, Harga Mulai Rp 8,7 Miliar?

20 jam yang lalu


Berita
Toyota Supra Suntik Mati Mesin 4 Silindernya

20 jam yang lalu


Berita
Merek Mobil Cina Bakal Mendominasi 33 Persen Pasar Dunia

23 jam yang lalu