VinFast Kenalkan Rental Baterai EV. Ini Keunggulannya

 Suryo Sudjatmiko    18 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Seperti kita ketahui bahwasanya perangkat termahal dari sebuah mobil listrik ada pada baterai. Sebagai gambaran kasar, harga baterai dari sebuah EV rata-rata mencapai 60% dari harga total mobilnya.

Hal ini menjadi momok tersendiri bagi pemilik EV, terlebih apabila saat mobil sudah berumur di mana kondisi baterai sudah tak prima lagi. Ujung-ujungnya harga mobil akan anjlog, terjun bebas.

Vinfast menawarkan solusi mengenai masalah yang ada pada mobil listriknya. Pabrikan asal Vietnam ini punya sistem rental baterai pada semua unit mobil yang akan mereka jajakan di Indonesia.

Harry Kamora, Vice President PT VinFast Indonesia menjelaskan bahwa, sistem rental ini merupakan solusi cerdas yang disodorkan oleh VinFast untuk kekhawatiran mengenai baterai. “Dengan sistem sewa ini pelanggan VinFast tidak lagi khawatir mengenai usia baterai dan juga harga jual kembali mobil listrik Vinfastnya,” tuturnya saat dihubungi OtoDriver, Minggu (18/02).

Seperti apa rental baterai itu?

Setiap mobil VinFast selain dikenakan harga jual juga akan dikenakan biaya rental baterai. “Pihak penjual harus menentukan terlebih dulu jenis baterai yang akan disewanya. Kami ada versi 0-3.000 kilometer dengan rental Rp 1 juta/bulan dan versi 3.000 kilometer ke atas (jarak unlimited) di angka Rp 1.5 juta/bulan,” ungkap Harry Kamora.

Pemilik Vinfast sebelumnya harus menentukan versi baterai yang akan direntalnya. “Disesuaikan dengan pemakaian harian masing-masing pemiliknya. Jika rata-rata hariannya hanya 50 kilometer, maka cukup versi yang Rp 1 juta saja yang disewa,” ungkap pria ramah ini.

Pihak VinFast akan melakukan pengantian baterai secara gratis saat kondisi baterai (battery healt) ada di angka kurang dari 70%. “Kondisi baterai akan ditentukan oleh Vinfast melalui setelah dicek di bengkel resmi dan proses penggantiannya pun cukup satu hari saja,” imbuhnya.

Apa yang terjadi apabila jarak tempuh rental rental baterai telah terlampaui?

Walau sudah memastikan rental baterainya, semisal memilih Rp 1 juta untuk jarak tempuh maksimal 3.000 kilometer, ada kemungkinan pemilik akan menempuh lebih dari jarak tersebut.

“Mobil tidak akan bisa dicas saat kita sudah melewati batas jarak tempuh tersebut dan kita baru bisa discas lagi setelah kita lakukan topup via applikasi by VinFast,” sambung Harry.

Tapi ini hanya terjadi pada sewa dengan jarak maksimal 3.000 kilometer saja. “Penyewa dengan jarak di atas 3.000 kilometer tidak akan mengalami hal ini,” bebernya.

Baca Juga : VinFast Jalin Kerjasama Dengan Marubeni Untuk Daur Ulang Baterai EV

Jadi solusi global VinFast

Rental baterai Vinfast telah dijadikan sebagai strategi global pabrikan ini untuk menjual mobilnya di seluruh dunia. “Kami sudah melakukannya di Amerika Serikat dan seluruh kawasan di mana mobil listrik murni Vinfast dijajakan termasuk Indonesia,” ungkap Harry.

Hary mengatakan bahwa sistem sewa ini jadi solusi dalam menghadapi kekhawatiran orang saat baterai EVnya sudah berumur dan sekaligus saat unit mobilnya dijual kembali. “Pemilik mobil selanjutnya tidak akan dibebankan dengan apapun, jadi tinggal melanjutkan sewa saja,” tutupnya. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHarga VinFast e34 Dirilis, Lebih Murah Dibandingkan Wuling BinguoEV Di Luar Rental Baterai06 April 2024Mobil ListrikVinFast Terapkan Sewa Baterai Untuk Kenyamanan Berkendara19 March 2024Mobil ListrikSolusi Sewa Baterai, VinFast Dilirik Perusahaan Taksi21 February 2024BeritaVinFast Gelontorkan Lebih Dari Rp 18 T, Jadikan Indonesia Pusat Ekspor Setir Kanan19 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan1 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion3 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 5 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 20 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 hari lalu