Toyota Recall Model Land Cruiser 300 Dan Lexus LX 600. Apa Masalahnya?

 Aditya Widiutomo    26 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Toyota umumkan recall pada SUV flagship-nya, yakni Land Cruiser 300 dan juga LX 600. Lantas, apa masalahnya?

Recall ini berkaitan dengan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi otomatis 10-speed. Dijelaskan bahwa ada kemungkinan masalah pada cakram kopling di dalam transmisi kendaraan bersangkutan. Ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling, tidak segera terlepas dari pelat.

Lexus LX 600

Hal itu memicu sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda. Jika kondisi tersebut terjadi di permukaan yang datar, khususnya saat pengemudi tidak menggunakan rem parkir, dapat membuat mobil berjalan sendiri ke depan secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga 6 km/jam. Situasi tersebut dapat memicu risiko tabrakan jika tak terdeteksi pemilik mobil.

Ditambah lagi tidak ada peringatan saat hal itu terjadi. Untuk itu, pemilik kendaraan disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dealer resmi terdekat. Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit(ECU) yang mengendalikan transmisi otomatis Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 sebagai upaya mengatasi potensi masalah tersebut.

Para pemilik Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia diminta segera melakukan pengecekan ke bengkel. Pengecekan tersebut berkaitan dengan pengumuman recall yang dilakukan PT Toyota Astra Motor. Tidak semua model terdampak, melainkan untuk unit tahun produksi Juli 2021 sampai Januari 2024 untuk Land Cruiser 300, sementara Lexus LX600 tahun produksi Januari 2022-Januari 2024. Dalam laman resmi Special Service Campaign Toyota, setidaknya ada 2.037 unit Land Cruiser 300 terlibat dalam program recall reprogramming ECU ini. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak13 menit laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival4 jam laluBeritaTidak Hanya di Indonesia, Harga Land Cruiser Juga Digoreng di Amerika Serikat3 hari laluBeritaFortuner Mild Hybrid Meluncur Di Afsel, Begini Cara Kerja Mesin Barunya4 hari lalu

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak13 menit laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival4 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)5 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar7 jam laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-618 jam laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik23 jam laluMobil ListrikXiaomi Untung Besar, Mobil Pertamanya SU7 Laris Manis Terpesan 70.000 Unit1 hari laluTipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya1 hari lalu