Toyota Recall Model Land Cruiser 300 Dan Lexus LX 600. Apa Masalahnya?

 Aditya Widiutomo    26 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Toyota umumkan recall pada SUV flagship-nya, yakni Land Cruiser 300 dan juga LX 600. Lantas, apa masalahnya?

Recall ini berkaitan dengan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi otomatis 10-speed. Dijelaskan bahwa ada kemungkinan masalah pada cakram kopling di dalam transmisi kendaraan bersangkutan. Ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling, tidak segera terlepas dari pelat.

Lexus LX 600

Hal itu memicu sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda. Jika kondisi tersebut terjadi di permukaan yang datar, khususnya saat pengemudi tidak menggunakan rem parkir, dapat membuat mobil berjalan sendiri ke depan secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga 6 km/jam. Situasi tersebut dapat memicu risiko tabrakan jika tak terdeteksi pemilik mobil.

Ditambah lagi tidak ada peringatan saat hal itu terjadi. Untuk itu, pemilik kendaraan disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dealer resmi terdekat. Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit(ECU) yang mengendalikan transmisi otomatis Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 sebagai upaya mengatasi potensi masalah tersebut.

Para pemilik Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia diminta segera melakukan pengecekan ke bengkel. Pengecekan tersebut berkaitan dengan pengumuman recall yang dilakukan PT Toyota Astra Motor. Tidak semua model terdampak, melainkan untuk unit tahun produksi Juli 2021 sampai Januari 2024 untuk Land Cruiser 300, sementara Lexus LX600 tahun produksi Januari 2022-Januari 2024. Dalam laman resmi Special Service Campaign Toyota, setidaknya ada 2.037 unit Land Cruiser 300 terlibat dalam program recall reprogramming ECU ini. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaToyota, Subaru dan Mazda Kolaborasi Bikin Mesin Hybrid Canggih1 hari laluBeritaStrategi Jitu Toyota Enggan Buru-Buru Main EV dan Fokus Jualan Hybrid, Lihat Data Penjualan Mereka4 hari laluBeritaVW Hingga Lexus Recall Total 200 Ribu-an Mobil di Korea Selatan, Ini Masalahnya4 hari laluBerita Toyota Akan Hadirkan SUV High Performance Berlabel GR22 May 2024

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Harga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas
Ganti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya
Inilah Mobil Chery Paling Laris di Jawa Tengah
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang

Berita Terbaru

BeritaDokter Mobil Kolaborasi Dengan Mitra Dari Malaysia, Gandeng Ojol Terapkan Strategi "Sharing Economy" Di Indonesia11 jam laluBeritaFakta Menarik, di Surabaya Rata-Rata Mobil Chery Warnanya Sama11 jam laluMobil ListrikDFSK Perlihatkan Kasta Tertinggi Mobil Listriknya, SERES 7 di Surabaya12 jam laluBeritaBYD Perkenalkan Dua Sedan PHEV Dengan Jarak Tempuh 2.100 km 12 jam laluBeritaBengkel Khusus Mobil Hybrid Dan EV Kini Hadir Di Indonesia14 jam laluBeritaMayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik17 jam laluBeritaAlasan Carnival Hybrid Belum Hadir Di Indonesia18 jam laluBeritaVROST Bersaing di Kelas Kaca Film dan Paint Protector Terjangkau di Indonesia20 jam lalu