Mudik In Style 2024, Naik Toyota Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali PP, Iritnya Kebangetan!

 Ahmad Biondi    28 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Dalam kesempatan Mudik In Style 2024 yang dihelat redaksi OtoDriver, Ahmad Biondi selaku reviewer dan reporter OtoDriver memilih menggunakan Toyota Yaris Cross hybrid yang dijual Rp 449,95 juta (on the road) Jakarta.

Mobil ini dipilih karena dianggap memiliki kelincahan dan konsumsi bahan bakar terbaik jika dibandingkan mobil lain di kelasnya. Perlu diketahui juga, rute perjalanan Biondi ialah Jakarta-Bali PP dan tercatat menempuh 2.878 KM.

Jakarta-Bali PP

Perjalanan dimulai dari Jakarta dan berhenti di Surabaya, kala itu Yaris Cross Hybrid melahap jalan tol sepanjang 700 KM dan mendapatkan konsumsi BBM yang fantastis, mencapai 23 Km/liter. Dari pengetesan kami beberapa waktu lalu, bahkan mobil ini bisa mencapai 25 Km/liter jika mengemudi dalam kecepatan konstan.

Selama perjalanan, sebagai driver sangat terbantu dengan posisi head unit yang mengarah ke driver, hal tersebut membuat Biondi mudah membaca maps dan mengoperasikan sistem audio.

Apalagi mobil ini juga dilengkapi dengan pengaturan lengkap pada lingkar kemudinya, sehingga lebih mudah dalam mengecek MID, atau mengatur audio.

Tak lupa fitur adaptive cruise control juga sangat membantu selama perjalanan. Jarak dengan mobil depan juga dapat diatur dengan mudah. Selain itu, dengan sistem radar mobil ini juga bisa memberi peringatan apabila jarak mobil depan terlalu dekat, lalu blind spot monitoring juga sangat membantu.

Plesir hemat dengan Yaris Cross Hybrid

Untuk urusan kenyamanan, suspensi mobil ini tergolong lembut. Ketika melewati jalanan bumpy, malah terasa mengayun. Tidak seperti XForce yang terasa lebih kaku dan keras. Namun jika menikung dalam kecepatan tinggi, pengaturan pada Yaris Cross malah membuatnya terasa sedikit limbung.

Nah, untuk performa mesinnya. Yaris Cross tipe tertinggi ini mengandalan mesin bensin 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikombinasikan dengan motor elektrik. Mesin bensin ini menghasilkan torsi puncak sebesar 121 Nm dan tenaga 90 hp, sementara motor elektrik mampu menyumbangkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp. Kombinasi keduanya menghasilkan tenaga total hingga 110 hp.

Sayangnya meski beremblem Gazoo Racing, tenaganya tidak cukup responsif kala stop n go. Ketika mobil kehilangan momentum dan ingin berakselerasi dengan cepat, terasa ada jeda yang kurang menyenangkan.

Namun hal tersebut bukan menjadi masalah serius apabilan Anda terbiasa mengemudi konstan dan mempertahankan rpm bawah.

Untuk kekurangan lainnya, kami merasakan mobil dengan panoramic roof seperti Yaris Cross Hybrid ini terasa panas terutama untuk kabin belakang. Cover penghalang yang terbuat dari kain ini tidak mampu menahan panas dengan baik, alhasil penumpang belakang masih merasa kegerahan ketika cuaca panas terutama saat melewati kawasan Probolinggo hingga Banyuwangi.

Tetapi kesimpulannya, untuk digunakan plesir dengan jarak jauh seperti ini. Yaris Cross hybrid nyaman di kantong. Selama perjalanan, kami menjejali mobil ini dengan bensin ron 92 dan tercatat menghabiskan biaya Rp 1,5 juta.

Data

Nama : Toyota Yaris Cross Hybrid

Tujuan : Jakarta-Bali PP

Harga : Rp 449 juta

Dimensi : PxLxT 4.310 mm, 1.770 mm, 1.615 mm. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaCocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini05 May 2024BeritaToyota GR Starlet Bersaing di Ajang Rally 4, Bakal Hadir Juga Versi Produksi Massalnya04 May 2024BeritaToyota All New Alphard, Definisi MPV Mewah Nan Canggih04 May 2024Daftar HargaDaftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)03 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Ke-3 Resmi Diperkenalkan
Bolehkah Menambah Angin Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa
Cocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini
GIIAS 2024 Hadir Lebih Awal dan Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah, 300 Kendaraan Baru Bakal Meluncur
Tank 500 Hybrid Hanya Dapat 7 Km/Liter, Ini Tanggapan Pihak GWM Indonesia

Berita Terbaru

BeritaMercedes-AMG Kembali Jejalkan Mesin V8 Pada CLE 63. PHEV 4 Silinder Bertenaga Lebih Besar Tidak Diterima Pasar7 jam laluBeritaKonsumsi BBM GWM Haval H6 HEV Tergolong Irit, Ini Hasilnya Dibawa Konstan Bandung-Jakarta10 jam laluMobil ListrikGerak Cepat, GAC Aion Mulai Perkenalkan Produk Pertama Sebelum GIIAS 202411 jam laluBeritaGWM Haval Jolion Bakal Jegal HR-V dan Creta Dengan Keunggulan Ini, Meluncur Semester Kedua 202412 jam laluBeritaPertamina: Pertalite Masih Tersedia Di SPBU 15 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)15 jam laluMobil ListrikHingga Kini GWM Belum Jualan Mobil Listrik Ora, Ternyata Ini Kendalanya19 jam laluBeritaLibur Long Weekend: Tol Luar Jawa Terjadi Peningkatakan Arus Kendaraan 1 hari lalu