Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Mazda Semakin Percaya Diri Membangkitkan Mesin Rotari

Mesin rotari akan berperan sebagai range extender dari Mazda.
Berita - Sabtu, 3 Februari 2024 12:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


OTODRIVER - Mazda telah menghidupkan kembali mesin rotari dan dipasangkan pada crossover MX-30. Mesin temuan Felix Heinrich Wenkel ini digunakan Mazda sebagai range extender.

Beranjak dari titik itulah, kemudian pabrikan asal Hiroshima ini pun menyatakan komitmen jangka panjang berkenaan dengan teknologi tersebut, pabrikan Zoom-Zoom ini pun membentuk tim khusus.

Mengutip dari motor1, tim tersebut dinamakan RE Development Group yang terdiri dari 36 insinyur yang fokus mengerjakan mesin rotari. Walau demikian tim ini tidak menjanjikan kehadiran kendaraan rotari high performance. Mereka hanya menyatakan bahwa kehadirannya bertujuan untuk menghadirkan ‘mobil menarik yang mengairahkan pelanggan.’

BACA JUGA

Bahkan dalam ajang Tokyo Auto Salon 2024 bulan lalu, Presiden dan CEO Mazda, Katsuhiro Moro mengisyaratkan bahwa mobil ini akan menjadi penerus spiritual RX-7 ataupun RX-8.

Hanya saja jangan terlalu berharap resepnya akan sama dengan RX-7 ataupun RX-8. Siaran pers terbaru dari Mazda jelas menegaskan bahwa mesin rotarinya hanya akan digunakan sebagai generator saja.

Mazda membeberkan bahwa Iconic SP bakal menggunakan dua motor listrik untuk memutar rodanya. Perkembangan terakhir mesin rotari juga dikembangkan bukan melulu mengasup bensin namun juga hidrogen dan bahan bakar terbarukan.

Iconic SP dikabarkan memiliki bobot 1.450 kilogram, di mana distribusi beratnya diseting rata antara roda depan dan belakangnya.

Sedangkan untuk dimensi, ia punya panjang 164,6 inci (4,18 meter), lebar 72,8 inci (1,85 meter), dan tinggi 45,2 inci (1,14 meter).

Yang menarik, Mazda sudah mengatakan showcar itu sengaja dibuat lebih besar dari yang seharusnya. Kepala desainer, Masashi Nakayama menyatakan mereka bisa mengecilkannya hingga seukuran MX-5 Miata. (SS)


Tags Terkait :
Mazda Rotari Engine EV Range Extender Iconic SP
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Mazda2 Akan Punya Opsi Mesin Rotary Dengan Asupan Teknologi PHEV

9 bulan yang lalu


Berita
Mazda MX-30 R-EV Mulai Diproduksi. Hidupkan Kembali Mesin Rotary

1 tahun yang lalu


Berita
Mesin Rotary Akan Debut Kembali pada Mazda MX-30 e-Skyactive R-EV

1 tahun yang lalu


Berita
Mazda Produksi SUV Listrik Pertamanya Bulan Depan

4 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

2 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

3 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

6 jam yang lalu


Berita
BYD Cetak Dua Sejarah Besar Bulan Ini, Apa Saja?

6 jam yang lalu


Tips
Beberapa Penyebab Pendeknya Usia Shockbreaker

7 jam yang lalu