Fortuner Mild Hybrid Meluncur Di Afsel, Begini Cara Kerja Mesin Barunya

 Aditya Widiutomo    23 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Toyota Fortuner 2.8 48V Mild Hybrid resmi diluncurkan di Afrika Selatan. Mobil ini mendapatkan perubahan mesin yang sebelumnya digunakan pada Land Cruiser Prado. Lantas, seperti apa cara kerja dari mesin baru pada SUV Ladder Frame ini?

Fortuner versi Afrika Selatan ini masih menggunakan basis mesin yang sama dengan versi sebelumnya, bahkan dengan versi Thailand. Jantung pacu diesel tersebut memiliki kode 1GD-FTV dengan kubikasi 2.800 cc  4 silinder turbo.

Ilustrasi mesin mild hybrid pada Fortuner

Namun yang membedakan adalah mesin ini berpadu dengan motor generator kecil dan juga baterai yang diletakkan di jok belakang. Hasilnya, SUV ini kini memiliki tambahan tenaga sebesar 15,7 hp dan torsi 42 Nm.

Dan tentunya, kinerja mild hybrid ini berbeda dengan hybrid milik Kijang Innova Zenix maupun Yaris Cross yang memiliki kinerja mesin dan motor listrik dan mesin secara bersamaan. Secara kesimpulan, kinerja mesin baru ini mirip dengan milik Mazda CX-60 dan juga beberapa mobil asal Eropa, seperti Mercedes-Benz GLE, GLS dan juga BMW X5 dan X7.

Tidak hanya penambahan tenaga, rupanya Toyoata mengklaim mobil ini memiliki konsumsi BBM yang lebih irit, yakni 14 km/liter. Dan, selain penambahan sistem mild hybrid, Fortuner ini juga mendapatkan beberapa update fitur, yakni fitur radar ADAS Toyota Safety Sense.

Lantas, apakah Fortuner mild hybrid ini akan masuk ke pasar Asia Tenggara khususnya Indonesia? Kita tunggu saja. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Daftar HargaDaftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)8 jam laluBeritaToyota Fortuner Hybrid Dalam Waktu Dekat Masuk Indonesia? Ini Faktanya11 jam laluBeritaSiap-Siap, Toyota Gazoo Racing Bakal Lahirkan GR Starlet1 hari laluBeritaToyota Eco Youth Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Gerakan Berwawasan Kelestarian Lingkungan 2 hari lalu

Trending

Tidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik
Daftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)
GWM Tank 500 Hybrid Bisa Ditebus Mulai Rp 200 Jutaan, Begini Skema Kreditnya
Daftar Harga CHERY Terbaru (April 2024)
Mudik In Style 2024, Naik Toyota Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali PP, Iritnya Kebangetan!

Berita Terbaru

BeritaBYD Ocean-M, Hot-Hatch Listrik Meluncur Kuartal Ketiga 20245 jam laluBeritaChery Pamerkan Fitur Baru Pada Omoda E5, Ketahui Fungsinya Di Sini7 jam laluDaftar HargaDaftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)8 jam laluBeritaToyota Fortuner Hybrid Dalam Waktu Dekat Masuk Indonesia? Ini Faktanya11 jam laluBeritaPeriklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia13 jam laluBeritaFerrari Rilis Mobil Terbaru Bermesin V12 Bernama 12Cilindri15 jam laluBeritaKhusus Pengguna Mobil Listrik Dan Hybrid, Bengkel Detailing Satu Ini Punya Tawaran Menarik17 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MITSUBISHI Terbaru (Mei 2024)18 jam lalu