Epic Journey Yaris Cross HEV Part 2 : Konsumsi BBM Tembus 25,5 Km/Liter Surabaya-Madura

 Ahmad Biondi    27 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Episode ke-2 Toyota Epic Journey merupakan lanjutan dari episode sebelumnya. Kali ini Fitra Eri, Om Mobi dan Ridwan Hanif tiba di Surabaya, setelah hari sebelumnya di Malang dan Pasuruan.

Masih mengandalkan Yaris Cross hybrid, perjalanan dari Surabaya ini akan berlanjut hingga Pulau Madura untuk mencari kuliner yang belum pernah mereka coba.

Di awal video, ketiga reviewer menjelaskan bahwa Yaris Cross hybrid dibangun menggunakan platform yang berbeda dengan Yaris hatchback yang biasa kita temui. Yaris Cross menggunakan platform DNGA-B yang sudah digunakan terlebih dulu oleh Avanza dan Veloz. Inilah mobil dengan platform DNGA-B pertama yang mendapatkan asupan elektrifikasi. Mesin bensinnya menggunakan tipe 2NR-VEX berkapasitas 1.5 liter yang dipadu dengan motor listrik 1NM SC synchronous untuk sistem hybridnya, serta dibekali dengan baterai lithium ion berkapasitas 0,7 kWh.

Sebelum melaju ke Madura, ternyata mereka menyempatkan diri untuk mengunjungi Surabaya Submarine Monument yang lokasinya tepat di pusat kota. Museum ini cukup menonjol dengan kehadiran kapal selam KRI Pasopati yang dipamerkan di halaman depannya.  

Sebagai informasi. Kapal rakitan Soviet ini digunakan tentara Republik Indonesia untuk membebaskan Irian Barat pada 1962. Hadirnya kapal bersejarah ini ternyata untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang berjuang kala itu dan dianggap sesuai dengan julukan kota Surabaya yang juga Kota Pahlawan.

Bermain sekitar 10 menit di museum dalam video Epic Journey Episode 2 di channel OtoDriver, ketiga reviewer kembali ke rencana awal untuk melaju ke Madura. 

Di tengah perjalan, mereka sempat memperlihatkan konsumsi BBM yang diperoleh Yaris Cross hybrid mencapai 24,7 km/liter. Sebuah pencapaian yang sangat baik jika berbicara trek yang dilalui tidak semuanya jalan bebas hambatan.

Uniknya, dalam perjalanan dari Surabaya ke Madura ketiga reviewer memilih untuk menggunakan Kapal feri ketimbang melewati jembatan Suramadu. Jadilah mereka mengarahkan mobil ke pelabuhan Tanjung Perak.

Memasuki feri untuk menyeberang ke Madura

Sesampainya di Tanjung Perak lalu masuk ke kapal feri, ketiga reviewer merasa senang karena terbantu oleh ground clearance Yaris Cross hybrid setinggi 170 mm yang tidak ada masalah sama sekali ketika mereka melewati sambungan jalan hingga masuk ke dalam kapal.

Tidak hanya itu, bodinya yang kompak juga membuat mobil ini mudah mendapatkan parkir di dalam kapal.

Nah, setelah memakan waktu kurang lebih 30 menit menyeberang, akhirnya mereka sampai di Pulau Madura. Saat itu, Fitra Eri dan Om Mobil bercerita sedikit mengenai carok dan karapan sapi yang identik dengan pulau yang terkenal dengan tambang garam tradisionalnya ini. Lanjut, ketiga reviewer sepakat untuk berhenti di Bebek Sinjay, hidangan yang sayang dilewati jika Anda sedang di Madura.

Okee setelah makan, mereka kembali melanjutkan perjalanan. Di sini, Fitra Eri menjelaskan keunggulan dari mesin 1.500 cc hybrid yang punya konsumsi BBM baik, kemudian hening, serta terasa tetap responsif. 

Lalu mereka juga membicarakan fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense) yang menjadi daya tarik mobil ini. Apalagi dengan adanya adaptive cruise control, mengemudi Yaris Cross jadi terasa lebih santai karena bisa mengatur jarak terdekat dengan mobil depan.

Sepanjang perjalanan, kami juga melihat Ridwan Hanif tampak begitu santai duduk di kursi belakang dengan ruang kaki serta kepala yang memadai, lalu ia juga merebahkan arm restnya, sehingga duduk di belakang rasanya tetap nyaman.

Sebagai penutup Episode 2, mereka berhenti untuk mencoba sate lalat (sate ayam, sapi dan kambing dengan porsi kecil) dan memperlihatkan bahwa perjalanan dari Surabaya ke Madura menggunakan Yaris Cross hybrid mencatatkan 25,5 km/liter.

Artikel selanjutnya bisa melihat Epic Journey Episode 3. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaGeber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?8 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)10 jam laluBeritaToyota Hilux EV Dipamerkan Sebagai Angkot19 jam laluBeritaPlesiran Jakarta-Bali Pake Mobil Hybrid Pasti Lebih Irit, Ini Yang Perlu Dipersiapkan4 hari lalu

Trending

BYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya
500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Sukses Jualan EV9, KIA Segera Rilis EV3,EV5 dan Belasan EV Lainnya
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Suzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap

Berita Terbaru

BeritaNissan Silvia Bakal Terlahir Kembali Sebagai Sebuah EV?5 jam laluBeritaGeber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?8 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)10 jam laluBeritaToyota Hilux EV Dipamerkan Sebagai Angkot19 jam laluBeritaMercedes-EQ EQS Facelift Meluncur, Jarak Range Tembus 822 Km1 hari laluMobil ListrikPenjualan Tesla Lebih Buruk Dari Pandemi, Apa Masalahnya?1 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya1 hari laluBeritaJasa Marga: Kurang Saldo E-Toll Tidak Bisa Pinjam Kartu Lain1 hari lalu