Desainer Jimny : Suzuki Jimny 5-door Sudah Dirancang Sejak Awal Kelahiran Gen IV

 Suryo Sudjatmiko    21 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Suzuki Jimny 5-door sukses menjadi bintang pameran di gerai Suzuki pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil ini semakin terasa spesial lantaran pihak Suzuki Motor Company, menggundang Hisanori Matsushima, Chief of Exterior Designer for Jimny 5-door.

Pria inilah yang membidani kelahiran Suzuki Jimny Generasi IV, termasuk juga Suzuki Jimny 5-door yang saat ini sudah hadir di Indonesia.  Ia pun tak sungkan untuk membeberkan keunikan dan sedikit latar belakang bahasa desain dari SUV bersasis tangga ini.

“Suzuki Jimny generasi IV termasuk juga Suzuki Jimny 5-door dirancang dengan memadukan elemen-elemen desain dari tiga generasi sebelumnya,” tutur Matsushima. “Kita bisa lihat ada kemiripan desain dari mulai generasi I yang nampak pada bentuk atap dan bentuk bodi yang boxy, generasi II pada bagian bulkhead dan generasi III pada bagian fascia,” jelas pria ramah ini.

Desain awal Jimny Gen IV. Gabungan antara tiga desain bodi generasi sebelumnya 

Jika mengikuti perkembangan desain SUV yang ada saat ini yang cenderung memiliki pilar A yang lebih ‘rebah’, Jimny gen IV ini justru sebaliknya. “Kami desain pilar A jadi lebih tegak dibanding sebelumnya (Gen III). Hal ini untuk meminimalisir paparan sinar matahari yang bisa menyilaukan pengemudi,” sambungnya.

Lebih jauh lagi Matsushima mengatakan bahwa bentuk boxy dari Jimny Gen IV ini hadir utamanya untuk memaksimalkan fungsi, sedangkan desain mengkotak itu merupakan ‘bonus’ tersendiri untuk memadankannya dengan gaya desain Jimny klasik dalam hal ini adalah Gen I.

Berbeda dengan pendahulunya yang tak punya versi lima pintu, sebenarnya Jimny 5-door ini sudah dirancang sejak awal. “Kami mengembangkannya bersamaan dengan versi short wheelbasenya,” jelasnya. Dengan demikian Jimny 5-door dikembangkan secara pararel dengan versi tiga pintunya. “Semua itu berdasarkan masukan dari konsumen yang menginginkan mobil off-road kecil tangguh namun punya akses penumpang lebih lega,” sambung pria yang juga membidani desain Suzuki Ertiga ini.

“Faktor kesulitan terbesar saat mendisain Suzuki Jimny 5-door memberi keseimbangan desain. Karena ini merupakan pertama kali kami hadirkan Jimny sebagai kendaraan penumpang dalam wujud wheelbase lebih panjang dan jumlah pintu lebih banyak,” tutupnya. (SS)

Sketsa kandidat Jimny Gen IV

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSuzuki Jimny 5-Door Punya Handling Yang Lebih Baik Dari Versi 3 Pintu?20 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024, Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce2 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan3 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion5 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 7 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 22 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari lalu