Suzuki Jimny 5-Door Punya Handling Yang Lebih Baik Dari Versi 3 Pintu?

 Suryo Sudjatmiko    20 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Suzuki Jimny 5-door hadir dengan menawarkan dimensi yang lebih panjang yang memberikan penambahan ruang yang lebih lega dibandingkan dengan versi 3 pintunya.

Kami memang belum melakukan test drive secara detail pada SUV ikonik yang satu ini. Namun kami berasumsi bahwa mobil ini seharusnya memiliki handling yang lebih lembut dibandingkan dengan model sasis pendeknya.

Secara spesifikasi dasar, tidak ada perubahan baik itu pada mesin, drivetrain juga sistem suspensinya. Berdasarkan pengamatan dari model lainnya semisal Jeep Wrangler yang punya opsi long wheelbase, model dengan wheelbase lebih panjang punya bantingan suspensi yang lebih lembut.

“Cukup masuk akal apabila Suzuki Jimny 5-door ini lebih lembut karena ia punya wheelbase yang lebih panjang, karena teorinya semakin panjang wheelbase maka akan menghasilkan daya pada roda lebih stabil, sehingga menjadi lebih nyaman,” tutur Dadi Tiasono dari Jeep Craft Unlimited (JCU) yang buka praktek di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Wheelbase lebih panjang menjanjikan bantingan lebih lembut dan stabil

“Jadi secara teori, Suzuki Jimny 5-door ini harusnya lebih anteng dan stabil,” imbuh pria yang akrab dengan modifikasi kendaraan 4x4 ini.

Lebih jauh lagi, Dadi mengatakan bahwa sasis yang dimiliki oleh Jimny pada umumnya cukup kaku dan kokoh. Sehingga penambahan panjang 340mm untuk wheelbasenya akan mengkoreksi bantingan dan kestabilan mobil ini menjadi lebih lembut dan nyaman. Namun demikian ia menambahkan bahwa versi short wheelbasenya punya handling yang lebih lincah.

Seperti versi short wheelbasenya, Suzuki Jimny 5-door dilengkapi dengan sistem 4x4 All Grip Pro yang advance untuk digunakan pada medan berat.  Artinya performa di medan off-road relatif sama dengan Suzuki Jimny 3-door, hanya saja versi sasis panjang ini punya ramp brakeover lebih kecil yakni 24° dibandingkan dengan 28° pada short wheelbase. Dengan ini versi lima pintu akan punya potensi lebih besar untuk ‘nyangkut’ pada gundukan.

Suzuki Jimny 5-door dan 3-door, punya spesifikasi transmisi dan tranfercase yang sama

Suzuki Jimny merupakan sedikit dari mobil modern yang menggunakan sistem gardan rigid pada semua kaki-kakinya. Di atas kertas, sistem ini sederhana, efektif, kokoh dan juga mudah perawatannya, sehingga tidak ada isue negatif padanya. Untuk suspensi ia menggunakan per keong pada keempat titik yang dikolaborasikan dengan sistem 3-links. Ini merupakan konstruksi kaki-kaki yang cukup bisa dihandalkan.

Mengenai mesin, Suzuki membekalinya dengan mesin 1.5 liter berkode K15B yang telah teruji. Basis mesin ini digunakan pada Suzuki New Carry dan juga Ertiga Generasi II.

Output sebesar 102 hp/6.000 rpm  dan torsi 130 Nm/4.000 rpm diklaim cukup untuk memboyong bobotnya 1,545 kg. Artinya ia lebih berat 110 kg dibandingkan model pendeknya. Di atas kertas versi short wheelbase punya power weight to ratio yang lebih baik dibandingkan versi long wheelbase. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri2 hari laluBeritaSuzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap08 April 2024BeritaDesainer Jimny : Suzuki Jimny 5-door Sudah Dirancang Sejak Awal Kelahiran Gen IV21 February 2024BeritaSuzuki Jimny 5-Door, Tak Sekedar Nambah Panjang19 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV11 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce16 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan18 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion20 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 22 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari lalu