Apakah Itu Lampu BiLED?

 Erie W. Adji    19 February, 2024
Berita

OTODRIVER- Perkembangan teknologi di sektor aftermarket selalu bergerak cepat, kadang mendahului gerak komponen standar OEM. Salah satunya bisa dilihat pada hadirnya lampu utama di mobil yang dinamakan BiLED yang dihadirkan oleh Autovision saat gelaran IIMS 2024 (15-25/02).   

Secara prinsip ini merupakan sistem pencahayaan mengandalkan butiran LED yang ditanamkan ke dalam satu modul proyektor. Nah pada proyektor tersebut juga ditepatkan reflektor ukuran kecil namun canggih dapat memantulkan cahaya lebih baik ke lensa. Dengan begitu diperoleh hasil cahaya lebih fokus ke arah depan mobil.

Bersama momentum IIMS 2024, pihak Autovison memboyong produk terbarunya, lampu utama BiLED “Dakar” generasi ke-3. Ini merupakan produk seri ‘medium’ sebagai pendamping dari seri ‘premium’ yaitu BiLED “Tesla” yang sudah hadir sebelumnya.

Autovision sendiri merupakan salah satu ‘pemain senior’ di bidang lampu aftermarket. Boleh disebut juga sebagai salah satu pionir tren lampu ‘Angel Eyes’ yang marak di medio 2006-2010.

Produk baru ini berdaya maksimal hingga 125 Watt. Sementara stabilitas daya berada pada angka 115 Watt. Klaim Untuk pencahayaan sinar jarak dekat bertambah 15 persen dan sinar jarak jauh bertambah 5 persen dari produk sebelumnya.

“Stabilitas daya itu sangat berpengaruh pada performa pencahayaan lampu, saat memilih produk agar tidak sekadar melihat daya maksimalnya, tetapi juga soal stabilitas dayanya, jika turun terlalu jauh maka sinar lampu tidak akan maksimal, dan ini bisa jadi perhatian setelah lampu menyalan setidaknya lima menit,” ungkap Andry Raja, Technical Support Officer dari Autovision, pekan ini (17/2).  

Nah, dengan spesifikasi daya lebih besar maka bisa dihasilkan output daya terang atau lumens yang setara enam kali pencahayaan bohlam ‘Halogen’ standar. Ditambah lagi pendar cahaya yang dua kali lebih lebar. “Ini bisa meningkatkan visibilitas dan kenyamanan berkendara bagi pengemudi," imbuh Andry lagi.

Hal yang unik, bisa menimbulkan efek prestis, ada lensa bernuansa biru yang bisa munculkan pendar pelangi yang dari berbagai sudut.

Produk generasi ketiga ini juga punya dimensi yang lebih kecil, lebih memudahkan untuk dipasang ke lebih banyak rumah lampu mobil. Termasuk juga tidak lagi perlu merubah kondisi reflektor lampu mobil bawaan pabrik.

“Pada prinsipnya produk baru ini bisa dipasang ke semua mobil modul lampu utamanya bertipe ‘Halogen’, seperti seri H4, H7, serta HB3/ HB4,” jelas pria berkacamata itu.

Dipungkaskan, label harga produk ini dimulai dari Rp3.150.000, berisi paket lengkap dan sudah termasuk biaya instalasi. Ditambah garansi satu tahun. (EW)

Perhatikan stabilitas daya agar lampu tidak 'redup' saat sudah terpasang

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan2 jam laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik2 hari laluBeritaJasa Marga: Arus Balik 1,3 Juta Kendaraan Masuk Jabodetabek2 hari laluBeritaMasih Ada ‘Setengah Juta’ Kendaraan Dari Sumatera Belum Pulang Ke Jawa4 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024, Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce49 menit laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan2 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion4 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 6 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 20 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari lalu