Penggunaan Kendaraan Pribadi di Ibu Kota Baru Nusantara Hanya 20 Persen

 Gemilang Isromi Nuar    06 December, 2023
Berita

OTODRIVER - Penggunaan kendaraan pribadi akan ditekan sedemikian rupa pada Ibu Kota Negara (IKN). Nantinya, kota itu akan punya komitmen kuat untuk mewujudkan target minimal 80% masyarakat menggunakan transportasi publik.

"Apabila penggunaan kendaraan pribadi melebihi 20% maka Otorita IKN (OIKN) akan menerapkan kebijakan park and ride, yakni kegiatan parkir kendaraan pribadi dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan publik," ujar Chief Urban Mobility Otorita IKN (OIKN), Resdiansyah di Jakarta, Selasa (5/12).

Tetapi ia menambahkan, akan ada beberapa pengecualian untuk mobil dinas tertentu seperti untuk Presiden RI. Kendaraan di Ibu Kota Baru Indonesia nanti juga diharuskan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Namun tetap akan diberlakukan transisi hingga 2045, sehingga tidak menutup kemungkinan mobil-mobil hybrid masih bisa beroperasi.

"Akan ada transisi masih kita lihat. Tapi kalau di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) harus full EV. Kita harus punya strong commitment, kalau tidak, tidak akan tercapai 80% public transport" ujar Resdiansyah. 

Lebih lanjut, nantinya di IKN juga akan ada kendaraan otonom atau autonomous vehicle. Teknologi mobil otonom dikenal sebagai kendaraan yang mampu merasakan lingkungannya dan beroperasi tanpa keterlibatan manusia. "Karena IKN kota cerdas, pasti akan kita gunakan. Tapi yang kita gunakan tentunya gradually," papar Resdiansyah.

Menurut Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, IKN sendiri nantinya akan dibangun dengan konsep smart city di mana terkoneksi secara online dan membuat semuanya lebih efisien.

"Saya kira karena derah IKN masih terbilang wilayah baru mobil otonom  bisa diterapkan di sana. Tinggal yang diperhatikan adalah keselamatan penggunanya.," kata Djoko kepada Otodriver beberapa waktu lalu. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaGreat Wall Motor Pastikan Diri Bermain Di Segmen Premium19 jam laluBeritaToyota bZ4X Bisa Dicicil Dengan Bunga 0% di IIMS 2024, Berikut Skema Kreditnya2 hari laluBeritaApakah Itu Lampu BiLED?2 hari laluBeritaMenarik! Beli Mitsubishi L100 Bisa Pakai Skema Sewa3 hari lalu

Trending

Belum Resmi Meluncur, Harga Toyota Hilux Rangga Terkuak
Apakah Itu Lampu BiLED?
Maxus 9 Resmi Di Bawah Bendera MG Motor, Ini Alasannya
Hyundai Kona EV Resmi Diperkenalkan, Harga Rp 500-600 Jutaan
Chery Tiggo 5X, Resmi Diperkenalkan Di Indonesia (20 FOTO)

Berita Terbaru

BeritaChery Omoda E5 Ditargetkan Tembus 800 SPK Selama IIMS13 jam laluBeritaUpping Price Suzuki Jimny-5 door, YLKI Sebut Tidak Ada Pelanggaran Hak Konsumen14 jam laluBeritaDesainer Jimny : Suzuki Jimny 5-door Sudah Dirancang Sejak Awal Kelahiran Gen IV15 jam laluBeritaChery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Harga Mulai Dari Rp 249 Juta16 jam laluMobil ListrikSolusi Sewa Baterai, VinFast Dilirik Perusahaan Taksi17 jam laluBeritaHeboh Soal ‘Upping Price’ Suzuki Jimny 5-door, Apa Harus Beli Sekarang? 19 jam laluBeritaGreat Wall Motor Pastikan Diri Bermain Di Segmen Premium19 jam laluTipsPenyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata22 jam lalu