MPV Mewah Cina Ungguli Toyota Alphard di Uji Tabrak Frontal

 Suryo Sudjatmiko    29 January, 2023
Berita

Industri otomotif China dari hari ke hari semakin lebar diterima oleh berbagai market di dunia, tak terkecuali Indonesia. Stigma sebagai pabrikan ‘pencontek’ dan hanya piawai pengadopsi tampilan sepertinya sudah bisa ditepis oleh berbagai brand asal negeri Tirai Bambu itu.

Salah satu yang dibuktikan adalah kualitas keamanan mobil yang diambil dengan cara uji tabrak.

Bahkan ketika Voyah Dreamer, sebuah MPV mewah asal China diuji secara ekstrim dengan uji tabrak frontal dengan sebuah Toyota Alphard, hasilnya cukup mengejutkan.

Dikutip dari newsbeezer.com, sebuah pengetesan dilakukan di China dengan melibatkan varian paling dasar dari kedua mobil tersebut. Besar kemungkinan MPV yang dibuat oleh grup Dongfeng Motor Corporation ini merupakan varian PHEV dengan mesin 1.5 liter turbo. Sebagai informasi tambahan varian atas dari Dreamer merupakan sosok mobil full elektrik.

Baca juga : Begini Kehebatan Voyah Dreamer, MPV Premium Penantang Alphard

Pengujian dilakukan dengan menabrakkan kedua mobil tersebut secara ‘adu kambing’di bagian sebelah kiri mobil pada kecepatan 66 km/jam.

Portal Chinese Automobile pun memberikan penilaian dengan hasil Toyota lampu peringatan hazard tidak aktif pada saat terjadi impact, sedangkan Voyah menyala. Demikian pula, pintu penumpang belakang The Alphard macet setelah benturan, sementara Dreamer terbuka secara normal untuk memungkinkan penumpang turun.

Voyah Dreamer juga telah membuktikan dirinya lebih efektif untuk perlindungan di belakang pilar A yang menunjukkan lebih sedikit distorsi daripada Toyota.

Bukti yang terjadi pada boneka (test crash dummies) pada mobil Jepang menunjukkan efek luka parah di kepala, berbeda rival dari China yang mengalami luka ringan. Hal yang sama berlaku untuk penumpang belakang.

Editor Chinese Automobiles sampai pada kesimpulan bahwa Voyah Dreamer lebih tahan dan lebih aman daripada Toyota Alphard jika terjadi tabrakan langsung.

Dengan hasil ini menunjukkan bahwa otomotif China tidak berjalan di tempat. Mereka terus melakukan perbaikan di berbagai bidang.

Bukan tidak mungkin bahwa dalam beberapa waktu ke depan otomotif Negeri Tirai Bambu akan cukup punya taring untuk menjadi kuda hitam baru seperti halnya otomotif Jepang pada era 70-80an yang berhasil melibas pabrikan Eropa dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaLaris Manis, Pengiriman Toyota Alphard Ke Konsumen Mulai Akhir September Atau Awal Oktober 202324 August 2023BeritaVarian Konvensional Kalah Jauh, Toyota Alphard HEV Paling Banyak Dipesan saat GIIAS22 August 2023BeritaToyota Alphard Hybrid Resmi Meluncur di GIIAS 202310 August 2023BeritaMG Hadirkan Mobil Penantang Toyota Alphard27 March 2023

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Berita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 12 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien18 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China19 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 202420 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak21 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari lalu