4 Hal Yang Bikin Mobil Menggelitik, Nomor 4 Banyak Yang Belum Tahu

 Ahmad Biondi    18 December, 2023
Berita

OTODRIVER - Ada beberapa hal yang membuat mesin mobil terasa menggelitik atau biasa disebut engine knocking.

Biasanya mobil yang sudah bermasalah seperti ini memiliki suara yang menggelitik saat digas, disertai munculnya getaran mesin berisik.

Kami sempat menemukan masalah ini pada mobil Wuling Almaz, dan langsung menanyakan perihal knocking. Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Indonesia mengatakan, ada beberapa hal yang membuat mobil menggelitik.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhi knocking engine :

1. Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Menggunakan bahan bakar yang kualitas rendah dapat menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di dalam ruang bakar mesin.

Akibatnya bensin tidak terbakar dengan sempurna dan menyisikan senyawa yang menempel dalam ruangan silinder.

2. Penggunaan Busi Yang Salah

Busi membantu mengontrol lingkungan internal mesin dan beroperasi dengan kondisi yang presisi, busi yang salah menciptakan kondisi yang kurang optimal untuk pembakaran bahan bakar.

3. Deposit Pada Ruang Bakar

Deposit ini mengambil ruang penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normal mesin yaitu pencampuran udara dan bahan bakar.

Deposit yang tebal dapat meningkatkan kompresi dalam silinder, dan jika kompresi yang lebih tinggi ini tidak diperkirakan juga dapat menyebabkan knocking. 

4. Penyebab Lain

Injeksi kotor, knock sensor rusak, piston ring salah, valve seal, dan ada kemungkinan mesin berjalan terlalu panas. Pemicu yang lain yaitu, injektor atau mungkin karburator mobil yang bermasalah.

Setiap penyebab/kerusakan di atas memiliki solusi dan penanganan tertentu, dan biasanya perbaikannya tidak rumit. Namun, hal tersebut tidak menjamin bunyi knocking akan hilang. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya1 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban16 April 2024

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
Tidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?

Berita Terbaru

BeritaProduk Paint Protection Film Ini Kini Hadir Di Wilayah Jakarta Selatan45 menit laluBeritaBYD Resmikan Dealer Terbesar Mereka di Bekasi, Ini Lokasinya12 jam laluMobil ListrikTesla Model 3 Varian Performance Resmi Dirilis, 0-100 Tidak Sampai 3 Detik14 jam laluBeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak17 jam laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival21 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)22 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar1 hari laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-61 hari lalu