Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Toyota Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

Hilux hidrogen ini dilengkapi dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen.
Berita - Senin, 5 Desember 2022 14:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Bahan bakar hidrogen merupakan bahan bakar tanpa emisi yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan selain listrik. Eropa sendiri mulai melarang mesin pembakaran internal (ICE) pada 2035 mendorong peningkatan kebutuhan kendaraan ramah lingkungan.

Dikuti pdari autocar pada, Senin (5/12), Toyota memimpin sebuah konsorsium untuk mengembangkan prototipe bertenaga sel bahan bakar hidrogen dari pick-up Hilux yang terkenal di pabrik kendaraan Inggris di Burnaston, Derbyshire.

BACA JUGA

Hilux hidrogen ini direncanakan untuk diproduksi dalam skala kecil. Toyota UK sendiri belum memberitahukan bagaimana harga serta kapan Hilux hidrogen ini akan dirilis.

Proyek ini akan menggunakan komponen dari sistem sel bahan bakar generasi kedua Toyota, seperti yang ditampilkan pada sedan Toyota Mirai terbaru, untuk mengubah Hilux menjadi kendaraan listrik.

Hilux hidrogen ini dilengkapi dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen. Tumpukan sel bahan bakar elektrolit polimer padat 330 sel di bawah kap kemudian menggabungkan hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Listrik yang tidak digunakan oleh motor listrik 134 kW dan 300 Nm yang dipasang di belakang pickup ini disimpan dalam baterai lithium-ion kecil berkekuatan 1,2 kW.

Prototipe awal akan dibangun di pabrik Toyota, di Burnaston pada 2023, dengan pengujian yang akan segera menyusul dan diikuti produksi skala kecil. Ini akan menjadi mobil pertama Toyota berbasis hidrogen dan akan dibuat di Inggris. 

“Inggris adalah salah satu pasar utama truk pick-up dan merupakan pasar penting bagi Toyota. Pendanaan ini merupakan peluang luar biasa untuk mengembangkan solusi nol emisi di segmen pasar yang kritis,” kata President & CEO of Toyota Motor Europe Matt Harrison seperti dikutip dari siaran pers Toyota Europe.


Tags Terkait :
Toyota Hilux Hidrogen
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Land Cruiser 250, Akan Sandang Nama Prado

11 bulan yang lalu


Berita
Toyota Prado Teranyar Pakai Mesin Fortuner Legender?

3 tahun yang lalu


Berita
Hilux Dapat Pilihan Mesin V6

3 tahun yang lalu


Berita
Toyota Hilux Tidak Bisa Melewati Jalan Yang Berdebu Tebal?

5 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

1 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

2 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

3 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

5 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

18 jam yang lalu