Land Rover Denda Konsumen yang Jual Kembali Mobil Barunya

 Gemilang Isromi Nuar    01 November, 2022
Berita

Pabrikan asal Inggris Land Rover mengeluarkan kebijakan yang cukup aneh bagi para konsumenya, dimana mobil yang baru dibeli dalam waktu 6 bulan setelah pembelian tidak boleh dijual terlebih dahulu.

Menurut Land Rover yang dilansir dari Carscoops, Selasa (1/11) peraturan ini dibuat  untuk menghindari penjual yang menjual harga mobil bekas lebih tinggi daripada harga mobil baru. 

Nantiya jika ada pelanggan yang tidak mematuhi peraturan ini, akan memberikan hukuman berupa denda bagi para dealer yang kedapatan melanggar aturan ini. Denda yang akan diberlakukan oleh pihak Jaguar Land Rover yaitu sebesar USD34.817 (sekitar Rp54 juta).

Kasus ini bermula saat Land Rover Defender terbaru yang meluncur tahun ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Beberapa oknum yang sudah mendapatkan Land Rover Defender terbaru ini langsung menjual kembali mobilnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga resmi Defender terbaru.

Menurut forum online, ini bukan fenomena baru. Pada bulan Desember 2021, seorang pelanggan Land Rover memposting ke forum PistonHeads bahwa mereka diminta untuk tidak menjual kendaraan mereka kepada pembeli pribadi dalam waktu 12 bulan setelah pembelian. Menurut pelanggan, kegagalan untuk mematuhi dapat mengakibatkan dealer mereka menolak untuk menjual kendaraan masa depan kepada mereka.

Dalam keterangan resminya, pihak Jaguar Land Rover menyebut langkah ini agar para konsumen bisa mendapatkan perlakuan yang adil dan mengutamakan kejujuran dalam menjual unit bekas.

"Mitra ritel kami bekerja keras untuk memastikan semua pelanggan diperlakukan secara adil dan jujur. Bukan atas instruksi atau panduan kami bahwa perjanjian apa pun dibuat dengan pelanggan terkait dengan penjualan kendaraan mereka, kami juga tidak mendukungnya.” ujar pernyataan Land Rover.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMercedes-Benz Tarik Kembali 7000-an SUV Mereka di Australia, Bagaimana Dengan di Indonesia?14 jam laluBeritaToyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik15 jam laluMobil ListrikPenjualan Tesla Lebih Buruk Dari Pandemi, Apa Masalahnya?2 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya2 hari lalu

Trending

BYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya
500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Sukses Jualan EV9, KIA Segera Rilis EV3,EV5 dan Belasan EV Lainnya

Berita Terbaru

BeritaMercedes-Benz Tarik Kembali 7000-an SUV Mereka di Australia, Bagaimana Dengan di Indonesia?14 jam laluBeritaToyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik15 jam laluBeritaCicilan Toyota Yaris Cross Hybrid Tipe Tertinggi Mulai Rp 8 Jutaan, Begini Skema Angsurannya16 jam laluTipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban17 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Honda CR-V (Euro NCAP)18 jam laluBeritaInterior Hyundai Creta EV Terkuak, Mirip Dengan All New Kona Electric19 jam laluBeritaMasih Ada ‘Setengah Juta’ Kendaraan Dari Sumatera Belum Pulang Ke Jawa20 jam laluBeritaHampir Sejuta Kendaraan ‘Pulang’ Ke Wilayah Jabodetabek 22 jam lalu