Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Banyak Kendaraan Kena Recall, Yuk Mengenal Sistem Kerja Pompa Bensin

Kondisi ini membuat kendaraan bisa berhenti secara mendadak dan berbahaya untuk pengendara lain.
Berita - Selasa, 7 Juni 2022 14:00 WIB
Penulis : Afrizal Abdul Rahman


Pompa bensin (Fuel pump)merupakan bagian vital dari sebuah mobil. Dan belakangan ini banyak pabrikan yang terdampak oleh gagalnya perangkat ini untuk menjalankan tugasnya. Salah satunya Honda yang beberapa produknya terdampak recall sehubungan dengan masalah fuel pump.

Namun sebelumnya ada baiknya jika kita kenalkan sedikit mengenai perangkat vital ini.

Pompa bensin sendiri memiliki peran sebagai alat untuk memompa bahan bakar yang dialirkan menuju ruang bakar, nantinya akan diubah menjadi energi yang akan membantu mesin untuk menyala. Namun demikian jenis pompa ini tidak selalu sama dalam hal cara kerjanya. Lantas seperti apa? Perlu diketahui pada mesin mobil dengan karburator, fuel pump bertanggung jawab untuk memompa bahan bakar dari tangki atau wadah penampungan menuju karburator.

BACA JUGA

Kembali pada kasus fuel pump Honda. Sebuah laporan terbaru dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengungkapkan kondisi mengapa masalah bahan bakar bisa terjadi pada Honda yang menyebabkan beberapa kendaraan kena recall. 

Dari keterangannya, NHTSA mengatakan klip untuk penyerap yang digunakan di dalam tangki bahan bakar tidak cukup dilas selama produksi. Dengan demikian, klip penyerap dapat memisahkan dan menghalangi jalur lengan pelampung pompa bahan bakar, dikutip dari laman Carscoops, Selasa (07/06). 

Lebih lanjut laporan tersebut mengatakan pelampung bahan bakar yang tidak terhalang tidak akan secara akurat menampilkan tingkat bahan bakar pada sistem pengukuran. Artinya, berpotensi mengakibatkan mesin mati secara tak terduga karena kekurangan bahan bakar. Kondisi itu juga bisa mencegah mesin untuk hidup, meningkatkan risiko kecelakaan tanpa peringatan sebelumnya.

Dari catatan pemasok yang mengerjakannya mengungkapkan bahwa pengelasan yang tidak baik terjadi selama satu shift produksi, di mana stopper yang mengontrol kedalaman las tidak diatur sesuai spesifikasi.

Pertama kali Honda mengumumkan penarikan untuk beberapa model, termasuk CR-V 2022 di Amerika Serikat. Dari catatan yang ada pada tahun 2021 Honda pertama kali menerima klaim terkait masalah tersebut, dan mulai menganalisis bagian yang rusak.  Sebanyak 212 model Honda CR-V terlibat dalam penarikan tersebut. Kendaraan ini diproduksi antara 24 September 2020 dan 29 September 2020.

Pemilik kendaraan yang terkena dampak akan dihubungi melalui surat dan diinstruksikan untuk membawa CR-V ke dealer resmi Honda yang akan mengganti tangki bahan bakar secara gratis. Pemilik yang telah membayar untuk menyelesaikan perbaikan akan mendapatkan refund (pengembalian uang). Dealer diberitahu tentang penarikan pada 27 Mei sementara pemilik akan diberitahu pada atau sekitar 5 Juli 2022.


Tags Terkait :
Pompa Bensin Masalah Kendaraan Cara Kerja
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
Ketahui Bahaya Mengisi Oli Mesin Tidak Sesuai Takaran Volume

1 tahun yang lalu


Berita
Banyak Kendaraan Kena Recall, Yuk Mengenal Sistem Kerja Pompa Bensin

2 tahun yang lalu


Tips
Berikut Penanganan Ketika Salah Mengisi Bahan Bakar

2 tahun yang lalu


Berita
Wow, Recall Toyota Akibat Fuel Pump Capai 5,8 Juta Unit

3 tahun yang lalu


Berita
Ribuan Unit Avanza Lansiran 2017-2019 Terkena Recall Karena Masalah Pompa Bensin

3 tahun yang lalu


Berita
Merek Jepang Ramai-Ramai Recall Fuel Pump. Ada Apa?

3 tahun yang lalu


Berita
Xpander Ini Alami Bensin Bocor Usai Jalani Recall Fuel Pump, Ini Tanggapan Komunitas

3 tahun yang lalu


Berita
Nekat Abaikan Recall Xpander-Livina? Ini Konsekuensinya

4 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Mitsubishi Pajero Akan Hadir Kembali Di 2027. Penantang Baru Di Segmen SUV Premium

1 jam yang lalu


Berita
Penantang Jimny 5-Door Bakal Dijual Rp 280 Jutaan, Simak Bocorannya

6 jam yang lalu


Berita
Beli Wuling Berhadiah Air ev dan BinguoEV

18 jam yang lalu


Berita
Awalnya Dilarang Masuk Komplek Pemerintahan, Kini Tesla Model Y Bakal Jadi Mobil Pemerintah China

18 jam yang lalu


Berita
Bekerja Sama Dengan PLN, GAC Aion Bantu Pemerintah Kejar Target 3.000 Unit SPKLU Sepanjang Tahun

19 jam yang lalu