Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Turunkan Angka Kecelakaan, Daihatsu Usung Kegiatan Safety Driving Untuk Lansia

Dengan fisik dan motorik yang sudah tidak prima, Daihatsu merasa pentinynya mengedukasi keselamatan berkendara bagi lansia.
Berita - Sabtu, 26 Oktober 2019 16:00 WIB
Penulis : Ahmad Biondi


Tidak hanya menyambangi Tokyo Motor Show 2019, OtoDriver juga berkesempatan mengikuti aktifitas Corporate Social Responsibility (CSR) DMC bertema “Aging Society & Community Vitalization” di outlet Daihatsu Funae yang terletak di Mie prefecture, Jepang.

Program yang melibatkan peran pemerintah , akademis (Japan Physical Therapist Assosiation), dan komunitas lokal dari penduduk lanjut usia ini dilatarbelakangi oleh studi yang menunjukkan jumlah penduduk Jepang yang menurun selama 10 tahun berturut-turut memicu semakin menuanya struktur umur penduduk. 

BACA JUGA

OtoDriver

Kondisi ini menuntut, penduduk lanjut usia harus bertahan dengan perubahan yang ada dan tetap bergerak aktif dalam keseharian. Ditambah pula dengan kebijakan Pemerintah yang menarik izin mengemudi lansia akibat seringnya kecelakaan terjadi. 

Secara alami, kondisi ini menyebabkan peningkatan biaya asuransi keamanan akibat tingginya tingkat kecelakaan dan perubahan cara berpikir dan berinteraksi yang mempengaruhi memori jangka pendek, pikiran maupun kemampuan bicara atau motorik bagi penduduk lansia yang cenderung lebih banyak berdiam diri di rumah karena tak lagi memiliki izin mengemudinya.

Terkait isu sosial ini, Daihatsu merasa perlu berpartisipasi aktif melalui program brand value enhancement activities berbentuk kampanye “ Hidup mandiri dan keselamatan berkendara” bagi para lansia. 

Program ini bertujuan meningkatkan value pelayanan Daihatsu melalui Kotodukuri (meningkatkan relasi yang harmonis dengan customer dan local community) dan Monodukuri (penerapan teknologi Daihatsu yang bermanfaat bagi komunitas setempat). 

Sejak dilaksanakan di tahun 2017, aktifitas ini telah melibatkan 1.200 penduduk lokal dan dilaksanakan di 4 outlet Daihatsu di Jepang. Program ini akan terus dilanjutkan hingga mencapai 37 outlet sampai akhir tahun fiskal 2019.

Program diprioritaskan bagi lansia berumur sekitar 70 tahun, dan melibatkan 20 peserta dalam setiap sesi selama 2 jam, 2 kali dalam setahun melalui acara bertajuk “Health & Safe Driving Lecture”. 

Dalam kegiatan ini, peserta mendapat fasilitas pengecekan kesehatan secara cuma-cuma dan dilanjutkan dengan seminar kesehatan. 

OtoDriver

Selanjutnya, peserta akan diminta melakukan latihan fisik dengan cara berdiri dari kondisi duduk, berputar pada cone yang telah disediakan untuk kemudian kembali ke posisi duduk. 

Selain itu, ada juga penilaian kekuatan fisik melalui pengukuran daya tahan berdiri dengan satu kaki dan diakhiri dengan latihan mengikuti instruksi kemampuan kognitif. Tidak cukup sampai disitu, peserta juga mendapat panduan berkendara secara aman dari instruktur berpengalaman Japanese Automobile Federation (JAF) seperti antisipasi bahaya Blind Spot, postur berkendara yang baik dan memberikan pengalaman berkendara aman dengan Daihatsu Safety Assist System.

“Bagi Daihatsu, menjual mobil hanyalah gerbang  awal menuju hubungan yang lebih erat dengan Customer. Oleh sebab itu Daihatsu ingin memberikan pengalaman berkesan melalui ikatan yang kuat antara Daihatsu dan Customer melalui kampanye “Health & Safe Driving Lecture”. Hal ini sejalan dengan slogan Daihatsu Light You Up yang senantiasa fokus memberikan produk dan layanan terbaiknya kepada semua kalangan.” ucap Hayashi, President Director of Daihatsu Mie.


Tags Terkait :
Daihatsu CSR
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Ada Mobil Baru hingga Konsep di IIMS 2023, Apa Saja?

1 tahun yang lalu


Berita
Mengetahui Perbedaan Transmisi Otomatik Konvensional, CVT Dengan D-CVT

2 tahun yang lalu


Berita
Begini Cara Daihatsu Menjamin Pelayanan Terbaik Untuk Pelanggan

2 tahun yang lalu


Berita
Inilah Tiga Model Terlaris Daihatsu di Awal 2022

2 tahun yang lalu


Berita
Mendukung Konservasi Penyu, All New Xenia Tak Kualahan Diajak Ke Pesisir Pantai

2 tahun yang lalu


Berita
Daihatsu Memberikan Dukungan Penuh Terhadap Bulutangkis di Indonesia Dengan Cara Ini

2 tahun yang lalu


Berita
Di Luar Dugaan, Model Ini Jadi Yang Terlaris Dari Daihatsu Selama Pandemi

2 tahun yang lalu


Berita
Banyak Promo Menarik Dalam Virtual Daihatsu Festival

3 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Maxdecal Luncurkan Produk Kaca Film Baru dan Berikan Giveaway Mobil Cipung

15 jam yang lalu


Berita
IMX 2024 Resmi Dibuka, Tanda-Tanda Industri Modifikasi Indonesia Siap Go International

17 jam yang lalu


Berita
Menilik Salah Satu Cabang Dealer Toyota Di Pulau Dewata

20 jam yang lalu


Tips
Mesin Diesel Euro 4 Masih Aman Tenggak Bio Solar?

1 hari yang lalu


Teknis
Jarak Tempuh Varian All New Hyundai Kona Electric Signature, Kalah Dengan Varian Prime. Mengapa Demikian?

1 hari yang lalu