Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Sudah Ganti Pelek Dengan Warna Chrome? Simak Panduan Merawatnya

Jika tidak mendapat perawatan ekstra, pelek chrome sangat rentan berkarat.
Berita - Minggu, 21 Oktober 2018 11:00 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


Pergantian pelek standar pakai versi aftermarket merupakan hal yang lumrah dilakukan. Hal ini biasa dilakukan, karena pelek bawaan dari pabrik tergolong biasa saja dan kurang menarik. Pelek aftermarket pun memang jadi cara cukup instan untuk mendongkrak tampilan mobil.

Berbagai macam model, ukuran, bahan dan cat pun jadi jadi banyak opsi pada produk pelek aftermarket tersebut. Nah, jika pilihan Anda pada pelek dengan kelir berlabur chrome ternyata butuh perawatan khusus. Jika tidak mendapat perawatan ekstra, pelek chrome sangat rentan berkarat.

BACA JUGA

Lantas bagaimana merawatnya? Setelah mendapat masukan dan tips dari beberapa narasumber ahli di bidang pelek, dijelaskan bahwa pada dasarnya kuncinya hanya satu, jangan malas. Setelah pemakaian mobil, biasakan untuk membersihkannya. Minimal disiram air dan dikeringkan menggunakan kain atau lap kering.

Selain itu, hindari penggunaan penggunaan minyak tanah, bensin, maupun pembersih sembarang lainnya pada pelek chrome. Noda sebandel apapun, disarankan untuk dibersihkan menggunakan obat khusus yang memang untuk membersihkan lapisan chrome.

Pasalnyan, senyawa dalam bensin dan pelek malah akan berpotensi mengundang karat. Untuk menghindarinya, gunakan cairan khusus untuk membersihkan lapisan pelek yang berkualitas tersedia di pasaran.

Namun cara murah meriah tanpa beli obat poles pelek chrome adalah dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Karena ternyata membersihkan pelek jenis ini dapat menggunakan pasta gigi. Karena kandungan yang terdapat dalam pasta gigi dapat menghilangkan kerak pada bahan berjenis chrome.

Terakhir, biasakan untuk menggunakan busa (sponge) halus dan lembut saat proses pencucian. Hindari penggunaan sikat serta alat pembersih dengan permukaan kasar lainnya. Hal ini dilakukan supara permukaan chrome terhindar dari goresan-goresan.

Reporter: Yudha


Tags Terkait :
Tips Pelek
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Tips
Efek Samping Membiarkan Shockbreaker Mobil Yang Lemah

7 bulan yang lalu


Tips
Muncul Kotoran Rem Di Bagian Pelek, Apakah Berbahaya?

8 bulan yang lalu


Tips
Selepas Penggantian Ban Baru, Jangan Lupakan Balancing

10 bulan yang lalu


Tips
Dampak Membiarkan Shockbreaker Mobil Tidak Dalam Kondisi Fit

10 bulan yang lalu


Terkini

Tips
Konsekuensi Mobil Diesel Gunakan Solar Subsidi

3 jam yang lalu


Berita
Maxdecal Luncurkan Produk Kaca Film Baru dan Berikan Giveaway Mobil Cipung

16 jam yang lalu


Berita
IMX 2024 Resmi Dibuka, Tanda-Tanda Industri Modifikasi Indonesia Siap Go International

18 jam yang lalu


Berita
Menilik Salah Satu Cabang Dealer Toyota Di Pulau Dewata

21 jam yang lalu


Tips
Mesin Diesel Euro 4 Masih Aman Tenggak Bio Solar?

1 hari yang lalu