Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Mobil Buatan UI Ini Dinobatkan Terhemat Se-Asia Dengan 792 Km/L

Indonesia membusungkan dadanya. Mobil karya mahasiswa Universitas Indonesia Jadi yang terhemat di ajang Shell Eco Marathon Asia.
Berita - Selasa, 8 Maret 2016 17:40 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


Mahasiswa Universitas Indonesia sukses membuat mobil dengan konsumsi bahan bakar paling irit dalam kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2016. Kompetisi yang digelar di Manila, Filipina ini mahasiswa UI dengan nama tim Sadewa meraih Juara I untuk kategori mobil Urban Concept berbahan bakar bensin dengan rekor jarak tempuh 275 km/liter, atau dua kali lipat dari hasil kemenangan yang diraih tahun lalu. 

Sementara tim Nakoela yang bertanding di kategori purwarupa alias Prototype dari Universitas Indonesia berhasil meraih Juara I (Pertama) menggunakan bahan bakar bensin. Mobil dengan nama Keris RVII rancangan Tim Nakoela telah melaju dengan mulus di trek jalan raya Luneta Park, Manila. Hasil yang dicapai sangat memuaskan dengan pencapaian jarak 792 km/liter bensin. Artinya secara teoritis ia bisa keliling bumi hanya dengan menggunakan tak sampai 60 liter BBM!

"Kami mengikuti kompetisi ini sudah enam tahun dan telah meraih lima piala," tutur Profesor DR. Ir. Bambang Sugiarto M.eng yang merupakan pembimbing tim Nakoela dan Sadewa sekaligus Guru Besar Ilmu Otomotif Teknik Mesin UI. "Tim ini selalu bersiap diri sepanjang tahun," ujar Prof. Bambang dalam mempersiapkan tim asuhannya.

BACA JUGA

Pada kompetisi yang digelar pada 3 sampai 6 Maret 2016 itu, Diatri menuturkan bahwa kesuksesan mobil andalan tim nya itu tak lepas dari bantuan dosen pembimbingnya. "Kemenangan ini berkat kerja keras dan kekompakan tim serta dukungan tiada henti dari pembimbing kami Bapak Bambang Sugiarto dan Bapak Ario Sunar Baskoro serta dukungan alumni Tim Universitas Indonesia pada Shell Eco-marathon sebelumnya," ujar Diatri Mika Putra, Manajer tim Sadewa UI.

"Sebagai juara Asia, tim ini berkesempatan mengikuti Shell Eco-Marathon tingkat dunia yang akan dilaksanakan Juni nanti di London, Inggris. Mohon dukungan dari seluruh stakeholder di Indonesia agar kami dapat berprestasi di tingkat dunia," ujar Prof. Bambang dalam pesan singkat yang diterima OtoDriver (8/3).

Karena mobil kompetisi hasil rancangannya sarat teknologi buah pemikiran dirinya dan tim Sadewa, hak paten pun dirasa perlu. "Kami akan melindung diri dengan paten (HAKI) untuk desain kendaraan dan teknologi permesinannya yang high efficiency engine," tukas Dekan FTUI 2008-2014 ini.

Shell Eco-marathon 2016 diikuti 117 tim mahasiswa yang berasal dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Australia. Selain Tim Sadewa UI ada lima ada juga tim mahasiswa Indonesia lainnya yang berjaya di kategori Urban Concept yaitu ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang meraih Juara I dan Bengawan Team 2 dari Universitas Sebelas Maret yang meraih Juara II untuk kategori Urban Concept dengan energi Diesel (Solar).

Kalabia Evo 5 mampu jadi juara kategori Urban Concept dengan 275 km/l

Tags Terkait :
Shell Eco-Marathon 2016 UI Shell
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Mobil Buatan UI Ini Dinobatkan Terhemat Se-Asia Dengan 792 Km/L

8 tahun yang lalu


Berita
Shell Kembali Menggelar Kompetisi Mobil Hemat Energi, Kali Ini Pelaksanaannya di Mandalika

2 minggu yang lalu


Berita
Mobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional

1 bulan yang lalu


Berita
Tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle, Berjaya di Ajang Shell Eco-Marathon 2023 di Mandalika

11 bulan yang lalu


Terkini

Berita
BMW M5 G90 Resmi Debut Dunia, Bobot Hampir 2,5 Ton

5 jam yang lalu


Berita
Chery Fulwin T10 SUV PHEV Mewah Berbanderol Rp 400 Jutaan Siap Meluncur

5 jam yang lalu


Tips
Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

10 jam yang lalu


Berita
BYD: Sudah Tidak Ada Keterlambatan Delivery Lagi

11 jam yang lalu


Berita
Mengenal Merek Kalista Yang Akan Hadir DI GIIAS 2024, Punya Produk Double Cabin Listrik!

11 jam yang lalu