Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Market Share Toyota Menurun Di Indonesia, Bagaimana Dengan 2016?

Penjualan Toyota di 2015 ini lebih menukik ketimbang penurunan secara nasional. Walau tetap memimpin, mereka pun di 2016 terlihat hati-hati dan pasang target realistis yang aman.
Berita - Selasa, 22 Desember 2015 01:00 WIB
Penulis : Fitra Eri


Tahun 2015 ini kelihatannya bukan masa yang baik bagi Toyota di Indonesia. Penjualan mobilnya turun cukup drastis, bahkan persentasenya melebihi penurunan penjualan mobil secara nasional. Pangsa pasarnya juga sedikit tergerus para rivalnya, namun ternyata mereka masih bersyukur dengan pencapaian ini.

Tahun lalu sendiri Toyota berhasil menjual 400 ribu unit mobil dan mengunci 32,93 % pangsa pasar penjualan mobil di Indonesia. Sedangkan tahun ini hingga November mereka baru menjual 290 ribu unit mobil, dan diprediksi hingga akhir tahun pun tak akan melebihi angka 324 ribu unit. Artinya terjadi penurunan penjualan sekitar 20%, lebih parah ketimbang penurunan penjualan mobil secara nasional yang dari data Gaikindo tercatat 14%. Bisa dibilang pasar Toyota tergerus merek lain, karena tahun ini mereka juga mencatat penurunan market share sekitar 2%.

Henry Tanoto, VP Director PT TAM

"Persaingan memang semakin kompetitif, selain itu krisis ekonomi memang menurunkan daya beli masyarakat," tutur Henry Tanoto yang baru diangkat sebagai Vice President Director PT Toyota Astra Motor. Namun di sisi lain ia tetap mengaku gembira. "Di tengah krisis ini, Toyota masih membuktikan dirinya sebagai pemimpin pasar di Indonesia. Karena kami memang selalu membuat mobil sesuai kebutuhan konsumen di sini." Kalimat tersebut diucapkannya tadi malam di sela acara Toyota Year End Journalist Gathering 2015 di Senayan, Jakarta (21/12).

BACA JUGA

Ketika ditanya apakah hadirnya ketiga jagoan tadi tak membuat Toyota yakin bisa menaikkan pangsa pasar lebih dari 1 persen, Henry menanggapi secara diplomatis, "Ya makanya kami berharap di atas 32%. Tapi di tahun depan kami juga yakin kondisi ekonomi belum berkembang banyak dan kompetisi akan semakin ketat. Untuk itu kami akan terus mengembangkan produk Toyota agar tetap sesuai kebutuhan konsumen."

Selain itu, Toyota Astra Motor juga akan lebih intensif membangun jaringan layanan purnajual. Salah satunya yang disebut Henry adalah memperbanyak dealer yang memiliki fasilitas Express Maintenance, agar pemilik Toyota makin cepat dan mudah merawat kendaraannya.


Tags Terkait :
Toyota Penjualan 2015
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Perang Harga Bikin Toyota Kedodoran di China

6 hari yang lalu


Berita
Masih Terlibat Skandal Tes Keselamatan, Kali Ini Toyota Hentikan Peredaran 3 Model Baru Termasuk Yaris Cross

4 minggu yang lalu


Berita
Strategi Jitu Toyota Enggan Buru-Buru Main EV dan Fokus Jualan Hybrid, Lihat Data Penjualan Mereka

1 bulan yang lalu


Berita
Yaris Cross Bensin Sepertinya Akan Tamat, Ini Tanggapan Dari Pihak Toyota

4 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

4 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

5 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

7 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

7 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

11 jam yang lalu