Oli Kompresor AC Ternyata Juga Harus Rutin Diganti

Oli Kompresor AC Ternyata Juga Harus Rutin Diganti

Kompressor AC sering kali dilupakan kehadirannya oleh para pemilik mobil, apalagi melakukan maintenance penggantian olinya. Padahal nyawa dari kompresor itu sendiri adalah oli.

Umumnya saat ini konsumen ke bengkel AC hanya saat sistem pendingin mobilnya sudah mulai bermasalah ataupun hingga mati total. Padahal ternyata kompressor AC juga harus mendapatkan perawatan berkala layaknya mesin mobil namun memiliki waktu yang berbeda.

"Usia pakai kompressor umumnya 5.000 jam atau sekitar 1,5 sampai 3 tahun wajib melakukan pengecekan secara fisik," ujar Yanto selaku pemilik Bengkel Kartika Jaya AC di bilangan Veteran, Jakarta Selatan.

 

 

Pengecekan ini dilihat apakah ada kebocoran pada badan kompressor seperti berminyak di sekitarnya dan ada suara-suara aneh yang terdengar seperti bergesekan saat AC menyala. 

"Jika tidak ada, barulah dilakukan pengurasan freon dan olinya" tegas Yanto.

"Setelah sudah terkuras habis, pihak bengkel akan melakukan vacum pada kompressor AC untuk melakukan pembersihan dan membuat seluruh jalur AC hingga hampa udara setelah itu barulah memasukan oli dan freon kembali," tambah Yanto.

Dijelaskan bahwa maintenance alias seperti ini tidak membutuhkan waktu yang tak begitu lama, kira-kira hanya sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan biaya Rp 150 - Rp 200 ribuan.

Jadi, jangan pernah lupakan kondisi kompresor AC, ya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com