FIRST DRIVE: All New Daihatsu Terios R Deluxe AT

FIRST DRIVE: All New Daihatsu Terios R Deluxe AT

Setelah 10 tahun tak berganti model, akhirnya aliansi Astra, yakni Toyota-Daihatsu sepakat untuk menghadirkan generasi terbaru dari LSUV Rush dan Terios untuk menghadapi 2018. Model terbaru ini diluncurkan pada November 2017 lalu, namun harga resminya baru dirilis pada awal 2018.

Pada kesempatan ini, kami berkesempatan mencicipi Daihatsu Terios tipe R Deluxe AT di area tertutup. Lantas, seperti apa impresi mengendarai mobil 'berjantung' Avanza ini? 

Saat melihat bagian eksteriornya, LSUV Daihatsu ini berubah desain secara total. Salah satu hal yang membuat Terios berevolusi secara total yaitu dihilangkannnya ban serep di bagian bagasi. Seperti MPV, ban serep Terios kini bersembunyi di kolong bagian belakang.

Selain itu, bagian depannya dilengkapi lampu LED String Taillight, Moulding LED string taillight dan Side Body yang membuat kesan elegan di mobil ini. Selain bentuk desain eksterior yang kian modern, Daihatsu Terios juga memiliki ground clearance 220 mm sedangkan versi lawas hanya 200 mm.

 

Puas membahas eksteriornya, kini saatnya melompat ke kursi pengemudi. Kami pun merasakan perubahan tak hanya terjadi di bagian luar namun juga ketika berada di bagian ruang kabin. Desain dasbor terlihat minimalis serta stylish berkat hadirnya panel hitam di bagian dasbor.

Fitur-fitur baru pun turut serta pada Terios 2018 ini. Mulai dari pengontrol AC Digital, headunit dengan layar sentuh 7 inci dengan fungsi Bluetooth, ipod support, USB dan kamera 360 derajat. Menariknya lagi, sudah ada tombol pengaturan audio di lingkar kemudi.

Yang baru pada mobil ini adalah adanya fitur Tilt Steering. Namun sayangnya Daihatsu tidak mengapilikasi pengaturan setir teleskopik sehingga mengemudikan mobil ini masih terasa kurang ergonomis. Tapi oke lah, adanya push start button yang mempermudah menyalakan mesin jadi mengurangi kekecewaan kami.

Ketika kami coba jalankan mobil ini, kekedapan ruang kabin tergolong membaik ketimbang pendahulunya. Selain itu, saat melakukan manuver, model yang juga bakal bersinggungan dengan Mitsubishi Xpander ini memiliki karakter suspensi yang cukup baik meski agak sedikit terasa limbung.

 

Puas melakukan manuver, kini saatnya menekan pedal gas sedalam mungkin. Daihatsu Terios dibekali dengan mesih berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc Dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga 104 dk dan torsi 141 Nm, sehingga tenaganya pun kami rasa masih cukup mumpuni meski secara spek tak sebesar pendahulunya.

Saat melakukan cruising, suara mesinnya pun terbilang halus. Kami pun dibuat nyaman ketika tanjakan dan terhambat kendaraan di depan, sebab berkat bantuan Hill Start Assist (HSA) membuat Terios baru ini mudah dikendalikan. Harusnya dengan adanya fitur ini, kian mempermudah pengendara pemula. Masih bicara piranti keselamatan, adanya Vehicle Stability Control (VSC) juga siap menjaga manuver mobil ini jadi lebih aman.

Walau transmisi otomatiknya belum menganut teknologi CVT, namun masih akomodatif meladeni tenaga yang dihasilkan mesin 2NR-VE 1.500 cc. "Cita rasa" transmisi otomatik 4 percepatan ini sekilas sama seperti model terdahulu.

Kesimpulan

Daihatsu Terios 2018 merupakan LSUV 7 Seater generasi terbaru yang berubah total ketimbang versi lawas. Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup ideal untuk ukuran SUV. Sebab, hanya dengan ground clearance yang menjulang inilah identitas SUV-nya bisa terpancar dari sekilas pandang eksterior.

Bicara fitur, harus diakui Terios model baru ini cukup lengkap. Namun, sangat disayangkan, ketika kami mengemudikan mobil ini, rasanya posisi duduk kurang ergonomis, bahkan menurut kami posisi berkendaranya hampir sama dengan Xenia. Selain itu kami juga merasakan karakter suspensinya cenderung limbung ketika bermanuver.

Kelebihan

  1. Desain eksterior yang modern
  2. Ground clearance tertinggi di kelasnya
  3. Fitur tergolong lengkap untuk ukuran LSUV

Kekurangan

  1. Posisi duduk kurang ergonomis bagi postur 173 cm ke atas
  2. Karakter suspensi agak limbung
  3. Tenaga mesin menurun dibanding generasi lawas

 

Spesifikasi

Daihatsu Terios R Deluxe AT

Harga : -

Kapasitas mesin: 1.500 cc Dual VVT-i

Tenaga maksimum: 104 dk

Torsi maksimum: 140 Nm

Penggerak: Roda belakang (Rear Wheel Drive)

 

Foto Tambahan

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com