ASEAN NCAP: Kia Morning Tidak Lulus Crash Test

ASEAN NCAP: Kia Morning Tidak Lulus Crash Test

ASEAN NCAP baru saja mengumumkan hasil pengetesan yang dilakukan oleh pihak mereka pada kuartal kedua 2016 ini. Pengetesan tersebut dilakukan pada mobil Nissan X-Trail, Nissan Navara, Suzuki Ertiga, Suzuki Ciaz, Kia Morning, Hyundai EO dan Isuzu MU-X.

Dari ketujuh mobil yang dilakukan pengetesan, dua di antaranya diumukan memiliki nilai nol alias tidak lolos tes uji tabrakan, sedang empat di antaranya mendapatkan empat bintang, serta satu mobil saja yang mendapatkan nilai sempurna lima bintang.

 

HYUNDAI EON
Kia Morning / Kia Picanto

 

Dua yang tidak lulus pada pengujian yang dilakukan oleh ASEAN NCAP adalah Kia Morning dan Hyundai EON yang sama sekali tidak dilengkapi dengan (Electronic Stability Control) ESC ataupun airbag. Itu membuatnya mendapatkan nilai nol untuk Adult Occupant Protection (AOP) atau perlindungan pada orang dewasa. Kia Morning masih memiliki nilai 1,48 dari 16 poin yang seharusnya untuk nilai AOP. Sedangkan Hyundai EON sama sekali tidak mencetak nilai. Dan keduanya hanya memiliki nilai 27% untuk Child Occupant Protection (COP) atau perlindungan pada anak kecil.

Berbeda dengan Kia Morning, walau satu basis, Kia Picanto pernah dites menggunakan enam buah airbag, ESC, ABS dan Traction Control System (TCS). Di tes itu Picanto meraih nilai empat bintang dengan nilai 12,67 untuk AOP dan 73% untuk COP yang bisa dibilang bagus.

 

NISSAN NAVARA
SUZUKI CIAZ

 

Sedangkan Nissan Navara mendapatkan empat bintang yang dengan hasil nilai 12,34 untuk AOP. Sayangnya tidak diimbangi dengan COP yang hanya 37%. Hasil COP yang rendah ini sama dengan Suzuki Ciaz, namun Ciaz memiliki nilai yang lebih baik untuk AOP nya yaitu 14,56. Untuk Isuzu MU-X juga hanya menghasilkan nilai 11,87 untuk AOP dan COP yang mencetak nilai 73%. Suzuki Ertiga mendapatkan nilai 12,39 untuk AOP dan 33% untuk COP.

 

NISSAN X-TRAIL

 

Yang memiliki nilai terbaik adalah Nissan X-Trail. Ia dinilai pantas mendapatkan lima bintang karena dilengkapi dengan dua airbag di bagian depan, ESC dan seatbelt reminder system (SBR) yang membuatnya menghasilkan nilai 15,10 poin untuk AOP dan 72% untuk COP.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com