Harga Jual Kembali Mobil Korea Selatan Masih Buruk?

Harga Jual Kembali Mobil Korea Selatan Masih Buruk?

Mobil merek Korea memang bisa dikatakan sempat tertinggal beberapa waktu lalu. Namun di tahun 2020 ini, mobil asal negeri ginseng ini seakan kembali bangkit terbukti hadirnya mobil-mobil baru Hyundai dan KIA di Indonesia seperti Hyundai Ioniq, Kona Electric, dan KIA Seltos.

Namun, dulu sempat beredar stigma bahwa harga jual mobil bekas asal Korea Selatan tidak sebagus merek asal Jepang. Lantas, masih berlakukah stigma tersebut?

Berdasarkan hasil pantauan kami di situs jual beli mobil bekas olx.co.id, terdapat satu unit Santa Fe diesel rakitan 2019 akhir yang dijual dengan harga Rp 470 juta. Kami pun melakukan pemantauan harga jual Santa Fe baru pada periode November 2019 yang memiliki harga jual Rp 594 juta. Artinya ,mobil ini mengalami depresiasi Rp 124 juta dalam waktu satu tahun.

Lantas, bagaimana dengan KIA? Kami pun langsung melakukan pemantauan terhadap model Grand Sedona tipe Ultimate bekas keluaran tahun 2018. Mobil ini dijual dengan harga Rp 489 juta. Untuk harga barunya di tahun 2018, Grand Sedona varian ini dijual dengan harga Rp 555,5 juta yang artinya depresiasi mobil ini hanya Rp 66 juta.

Artinya, kami menyimpulkan bahwa harga jual kembali mobil asal Korea Selatan tidak seburuk yang dibayangkan. Bahkan penjualan mobil bekas KIA dan Hyundai ini mirip-mirip dengan mobil asal Jepang.

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com