Panduan Membeli Ford Escape 3.0 AWD Bekas

Panduan Membeli Ford Escape 3.0 AWD Bekas

Tak seperti SUV lain, Ford Escape sejak awal diluncurkan di Indonesia langsung menawarkan varian AWD (All Wheel Drive) pada lini produknya. Varian ini dijumpai hanya pada varian bermesin V6 Duratec berkapasitas 3.000 cc yang dipasangkan dengan transmisi otomatik 4 percepatan.

Dengan kapasitas mesin tersebut dipastikan bahwa Escape V6 ini tidak tergolong sebagai mobil yang ramah dalam penggunaan bahan bakar alias boros. Namun SUV ini menawarkan menyamanan khas Amerika Serikat yang langsung ditemui saat menyapa interior kabin. Jok berlapis kulit, sunroof dan tentunya penggerak AWD jadi ciri khasnya.

Sayang sekali, varian V6 dan AWD ini penjualannya terhenti pada 2006. Sedangkan varian 4 silinder baru stop pada 2013 silam.

 

Kelebihan 

Tampilan eksterior gagah dan modelnya tidak termakan usia

Harga mobil yang terjangkau

Mesin terbilang kuat

Memiliki tenaga mesin yang besar

Mempunyai kekedapan kabin yang baik

Kenyamanan yang bisa dibilang baik untuk SUV berumur kurang lebih 17 tahun

 

Kekurangan 

Desain interior yang masih kaku

Fitur yang dihadirkan belum lengkap

Konsumsi BBM yang bisa dibilang boros untuk pemakaian sehari-hari

Tidak banyak fitur keselamatan, tapi sudah dilengkapi dual airbag

Ketersediaan spare part terbatas dan cukup mahal

Material interior dinilai kurang bagus

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli

Mesin & Transmisi

Mengingat Ford Escape XLT V6 3.0 ini sudah berumur kurang lebih sekitar 13 hingga 17 tahun, maka perlu dilakukan pengecekan yang menyeluruh sebelum membeli. “Namun kalau sudah terlanjur membeli, dianjurkan penggantian oli setiap 5 ribu kilometer dianjurkan untuk melakukan servis berkala. Biaya jasa yang perlu dikeluarkan sebanyak Rp 350 - 400 ribu diluar spare part,” ujar Heru, pemilik bengkel Sahabat Motor, Cinere.

Masalah lain adalah alternator juga kerap kali bermasalah karena termakan usia. “Jika belum ada dana untuk mengganti baru bisa rekondisi alternator tanpa ganti gulungan. Untuk biayanya sekitar Rp 1,5 juta," ucap Afu dari bengkel Karya Jaya, Jakarta Selatan. Jika kondisi alternator sudah mengalami kerusakan hampir seluruh komponennya, perlu mengganti alternator baru, siapkan uang sekitar Rp 4 jutaan.

Untuk varian V6 3.000 cc tersebut tidak terdapat kendala khusus jika dirawat dengan benar. Heru menambahkan, “Pada setiap kelipatan 30ribu kilometer dianjurkan untuk melakukan penggantian oli gearbox otomatis sebanyak 5 liter dengan biaya yang harus dikeluarkan sebanyak Rp 1,2 juta”.

 

Kaki-kaki

Menurut beberapa sumber kendala untuk penggerak 4WD atau AWD pada mobil ini biasanya terjadi pada bagian sambungan kopel gardan dan as roda. “Kalau belum terlalu parah kemungkinan masih bisa diakali, namun kalau sudah rusak total bisa membeli copotan atau baru.

Harga copotan gardan belakangnya sekitar Rp 9.5 hingga 12 jutaan tergantung kondisi. Kemudian untuk harga seal-seal yang bocor sekitar Rp 600 – 700 ribuan,” jelas Cengko, mekanik bengkel Cahaya Baru di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. PR lainnya adalah shockbreaker sudah tidak prima, bisa diganti dengan produk aftermarket yang harganya dimulai dari Rp 1.3 juta untuk depan dan 1 jutaan untuk belakang.

 

Eksterior & Interior

Pada dasarnya, Escape XLT 3.0 generasi pertama ini bagian jok nya terlapisi oleh bahan kulit, namun banyak unit yang sudah di-retrim ulang dengan bahan kulit dikarenakan sudah mengalami kerusakan seperti cracking bahkan sobek.

Kemudian perhatikan bagian-bagian lampu. “Penyakit mobil berumur biasanya mika burem atau menguning. Solusinya bisa dicuci atau diakali namun kalau ada copotan yang kondisinya bagus sekalian ganti copotan,” ujar Ade, Shifa Jaya. Kisaran harganya untuk 1 buah lampu depan copotan sekitar 1,2 jutaan.

 

Harga Ford Escape XLT Generasi I

Bicara soal harga yang berdasarkan dari beberapa market place di Indonesia, Escape XLT V6 3.0 generasi pertama ini dibanderol harga dari Rp 63 – 100 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi mobil. Biasanya yang berani menjual dengan harga tinggi, salah satu alasannya memiliki jarak tempuh yang masih sedikit dan kondisi yang masih bagus.

 

Kisaran Harga sparepart fast moving

Filter udara                                                  Rp 273.000

Filter Oli                                                        Rp 165.000

Filter bensin                                                 Rp 222.500

Filter AC                                                        Rp 100.000

Tie rod                                                           Rp 300.000/pc

Long tie rod                                                 Rp 450.000

Bearing roda depan                                   Rp 350.000/pc

Bearing roda belakang                             Rp 450.000/pc

Sokbreker F/R                                             Rp 1.350.000/pc / 1.200.000/pc

Busi/set                                                         Rp 55.000/pc

Kabel busi/set                                              Rp 1.500.000/set

Kampas rem depan                                   Rp 500.000/set

Kampas rem belakang                              Rp 250.000/pcs

Fuel Pump                                         ��          Rp 1.850.000

 

Reporter: Christo, Suryo

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com