4 Hal ini Pengaruhi Resale Value Sebuah Mobil

Penulis: Yulian Lahardi
Selasa, 15 Oktober 2019 13:00 WIB
Used Car - 4 Hal ini Pengaruhi Resale Value Sebuah Mobil
Bagikan ke:
Ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi resale value atau nilai tukar kembali sebuah kendaraan. Mulai dari asal negara brand kendaraan tersebut hingga warna.

Baik mobil yang baru dibeli maupun sudah berstatus bekas pasti memiliki resale value alias harga jual kembali di pasaran. Tidak aneh kalau sebagian masyarakat akan memilih mobil  yang memiliki resale value terbaik atau tingkat depresiasi yang rendah.

Seperti yang pernah diutarakan Bei Budiono, pengamat mobil bekas dan kendaraan antik. "Sejumlah faktor bisa mempengaruhi resale value sebuah kendaraan, tidak terkecuali dengan warna," tutur Pakde Bei sapaan akrabnya.

Nah, berikut sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi resale value sebuah kendaraan.

Pertama: Asal negara dari merek mobil menjadi daya kuat tidaknya sebuah resale value. Kendaraan dengan merek asal Jepang cenderung memiliki nilai depresiasi rendah ketimbang merek dari negara lain. Sebut saja yang memiliki resale value terbaik adalah brand Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi. Nah, resale value keempat brand ini jelas berbeda dari produk-produk asal Eropa, Korea Selatan, Tiongkok, Malaysia sepeti Proton, dan Amerika Serikat seperti Ford yang sudah mati di Indonesia.

Foto - 4 Hal ini Pengaruhi Resale Value Sebuah Mobil

Foto: Yulian Lahardi

 

Kedua: Kekuatan merek juga menjadi penentu sebuah resale value terbentuk di pasar mobil bekas. "Tidak semua mobil pabrikan Jepang memiliki kekuatan merek yang bisa menopang resale value, hal ini terbukti di pasaran, sejumlah label kendaraan asal Jepang juga terpuruk resale value-nya," ungkap Bebin Djuana, pengamat pasar otomotif beberapa waktu lalu.

Ketiga: Jaringan aftersales service dan ketersediaan komponen di pasar Indonesia juga bisa menjadi penentu kualitas resale value. Intinya, semakin sulit didapat layanan purnajual sebuah kendaraan, maka akan semakin tinggi depresiasi harga jual kembali sebuah produk.

Foto - 4 Hal ini Pengaruhi Resale Value Sebuah Mobil

Foto: Yulian Lahardi

 

Keempat: Ternyata warna juga menjadi penentu resale value sebuah mobil. Semakin banyak peminat warna mobil tersebut, maka resale value juga akan terjaga. Nah, saat ini warna-warna yang digandrungi adalah hitam, silver dan putih.

 

#mobil-bekas #jual-beli

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.