Mobil Modern Masih Membutuhkan Proses Inreyen?

Proses inreyen sampai saat ini masih kerap dilakukan oleh pengguna mobil baru
Penulis: Aditya Widiutomo
Selasa, 1 Oktober 2024 06:00 WIB
Tips - Mobil Modern Masih Membutuhkan Proses Inreyen?
Bagikan ke:

OTODRIVER -  Proses inreyen sampai saat ini masih kerap dilakukan oleh pengguna mobil baru. Istilah inreyen sendiri merupakan proses komponen-komponen mesin baru yang bergesekan untuk saling menyesuaikan. 

Lantas di era modern ini, apakah proses inreyen masih dibutuhkan? Sumarmin selaku Kepala Mekanik Auto 2000 cabang Cilandak Jakarta Selatan menyebutkan bahwa inreyen tidak lagi dibutuhkan secara garis besar.

Foto - Mobil Modern Masih Membutuhkan Proses Inreyen?
Ilustrasi inreyen

"Konstruksi mesin mobil sekarang sudah presisi dengan teknologi yang terbarui. Dari pabrik juga sudah dilakukan running test untuk memastikan mobil siap dipakai," jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Namun demikian, pada buku manual masing-masing model mobil tertera petunjuk proses inreyen. Umumnya, petunjuk tersebut berisi putaran mesin serta kecepatan mobil yang dibatasi 

"Sepresisi komponen dalam pemakaian ideal sehari-hari tetap butuh penyesuaian," tambahnya.

Meski sudah menjalani sejumlah tes di pabrikan, tetapi mobil butuh penyesuaian di kondisi penggunaan sehari-haru.

"Mobil baru butuh 'learning' dari cara pemakaian penggunanya makanya tetap ada petunjuk inreyen. Tujuannya agar mobil baru tidak langsung asal dipakai tanpa ada penyesuaian komponen-komponen yang berpotensi rusak tidak sesuai umur pakainya," tutup Sumarmin.

Umumnya proses inreyen sendiri berjalan dengan cara membatasi putaran mesin dan juga kecepatan. Dan proses ini berjalan antara 500 hingga 1.000 km. (AW).

#tips #inreyen

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.