Ketahui Efek Ban Yang Sudah Dalam Keadaan Keras

Tidak hanya Kembangan ban yang sudah tipis, namun komponen ban mobil juga memiliki usia pakai. S
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 19 Agustus 2024 08:00 WIB
Tips - Ketahui Efek Ban Yang Sudah Dalam Keadaan Keras
Bagikan ke:

OTODRIVER – Tidak hanya kembangan ban yang sudah tipis, namun komponen ban mobil juga memiliki usia pakai. Setidaknya, komponen ini dipakai maksimal 5 tahun pakai setelah tahun produksinya.

Jika melampaui masa waktu tersebut, maka komponen ban akan menjadi keras. Lantas, komponen ban yang keras tentu akan mempengaruhi performa dari ban itu sendiri.

Foto - Ketahui Efek Ban Yang Sudah Dalam Keadaan Keras
Ilustrasi ban

Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di Kawasan Tangerang Selatan menjelaskan bahwa ban yang keras akan mempengaruhi grip yang tidak optimal.

"Konsekuensi dari kompon ban yang mulai keras adalah grip ban mobil ke aspal akan berkurang," ujar Abeng saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Masih menurutnya, jika daya cengkeram berkurang tentu akan mempengaruhi pengendalian mobil itu sendiri.
"Daya cengkeram ke aspal berkurang, ini bisa berbahaya saat mobil melakukan manuver yang mendadak atau pengereman keras," tambahnya.

Artinya, ban sudah tidak lagi menapak dengan baik ke aspal. Mau tidak mau, pengguna mobil harus mengganti komponen baru karena ban tersebut tidak bisa dikembalikan ke kondisi awal.

Nah bagi Anda yang tidak mengetahui umur ban, pada dinding ban, umumnya tertera 4 digit produksi ban. 2 digit pertama merupakan minggu produksi dan 2 digit selanjutnya merupakan tahun produksi. (AW).

#tips #ban

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.