AC Mobil Berbau Tidak Sedap, Ketahui Penyebabnya

AC Mobil Berbau Tidak Sedap, Ketahui Penyebabnya

OTODRIVER - AC mobil dalam keadaan prima tentu menjadi idaman bagi pemilik mobil. Tentu komponen ini menjadi fitur utama pada mobil yang ada di negara iklim seperti Indonesia.

Namun, seringkali AC mobil mengeluarkan bau yang kurang sedap. Lantas, apa penyebabnya?

Ilustrasi evaporator ac mobil

Apriyono dari bengkel spesialis AC Sejuk Abadi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan bahwa ada dua bagian komponen AC yang menyebabkan bau AC menjadi kurang sedap.

“Yang pertama cek filter AC. Kalau filter AC sudah diganti dan masih muncul bau, maka kemungkinan terbesarnya evaporator,” jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan jika bau tidak sedap berasal dari evaporator maka harus segera dibersihkan.

“Kalau evaporator yang menyebabkan bau tidak sedap, kemungkinan evaporator kotor dan sudah berlendir. Ini harus segera dibersihkan dan jika dibiarkan bisa mengalami mampet dan akhirnya rusak,” tambahnya.

Masih menurutnya, ada beberapa faktor kebiasaan pengguna mobil yang menyebabkan bau tidak sedap pada AC.

“Ada beberapa hal yang harus dihindari. Seperti merokok di dalam mobil, penggunaan vaporizer dengan uap yang berlebih, atau bisa juga penggunaan parfum cair berkualitas rendah yang terlalu banyak,” tutup Apriyono. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com