Perlukah Ganti Oli Mesin Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran?

Perlukah Ganti Oli Mesin Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran?

Oli menjadi barang penting setiap kendaraan yang berfungi sebagai pelumas terhadap setiap komponen mesin. Selain itu oli bertugas mencegah terjadinya gesekan. 

Menjelang mudik lebaran tak sedikit pengguna mobil yang memiliki pertanyaan apakah oli mesin perlu diganti. Lantas bagaimana jawabannya? 

"Mudik itu kan menempuh jarak yang jauh, jadi direkomendasikan untuk mengganti oli sebelum perjalanan," kata Umaidi, Mekanik Speedwork Jakarta, baru-baru ini kepada OtoDriver.com

 

Lebih lanjut ia mengatakan ketika mudik lebaran mesin membutuhkan tenaga yang baik, dan tak sedikit yang cepat panas alhasil akan bisa menguap dan membuat oli cepat habis. 

"Kalau jarak jauh itu mesin panas dan oli akan menguap, memang direkomendasikan," tambahnya. 

Namun demikian ia tetap menyarankan mengganti oli mesin sesuai anjuran pabrikan, dimana rata-rata penggantian terjadi pada kilometer 10 ribu dengan tujuan perfoma mesin tetap maksimal. 

 

 

"Bisa juga lihat dari kilometernya atau usia oli, misalnya kalau sudah mendekati rekomendasi itu kan bisa menyebabkan oli berubah warna dan fungsi jadi akan menurun," tambahnya. 

Jadi direkomendasikan untuk mengganti oli sebelum mudik lebaran agar performa mesin tetap terjaga baik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com