Jangan Dipaksakan, Setiap 4 Jam Sekali Wajib Istirahat saat Mudik Lebaran

Jangan Dipaksakan, Setiap 4 Jam Sekali Wajib Istirahat saat Mudik Lebaran

Kemacetan sudah terjadi di beberapa ruas jalan jalan, menandakan arus mudik sudah mulai terjadi. Bicara mudik, tak sedikit yang menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan istirahat yang cukup agar tetap aman dan nyaman.

Menurut Suharto, Master Trainer Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas-IAABL Astra Isuzu , bagi pemudik wajib melakukan istirahat beberapa saat ketika melakukan mudik dengan jarak tempuh yang jauh.

"Usahakan kalau sudah istirahat pertama (4 jam perjalanan) itu bisa rileks peregangan dan tetap bersantai," katanya, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menyarankan untuk setiap pengemudi tidak memaksakan keadaan, dan direkomendasikan untuk tidur pada istirahat kedua (4 jam selanjutnya) dengan tujuan agar tubuh tetap fit.

"Kalau sudah 4 jam kedua itu wajib tidur untuk mengembalikan stamina tubuh karena kalau sudah empat jam kedua, ketiga itu saraf tubuh sudah lelah," tambahnya.

Kelelahan yang terjadi pada saraf tentu tentu akan berdampak buruk pada seseorang, apalagi ketika sedang mengemudi dengan jarak tempuh yang tidak sedikit.

"Tanda-tandanya itu sering menguap sudah menjadi lampu kuning, itu wajib istirahat dan jangan paksakan keadaan," paparnya.

 

Menurutnya untuk menghilangkan rasa kantuk bisa dengan tidur sejenak beberapa saat, dan bisa dengan membasuh muka agar tubuh kembali bugar.

"Tidur 30 menit saya rasa cukup untuk mengembalikan kebugaran, bisa juga membasuh muka dengan air sebelum jalan kembali," tutupnya.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com