Perlukah Ganti Oli Mesin Pasca Mudik?

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Minggu, 30 April 2023 14:00 WIB
Tips - Perlukah Ganti Oli Mesin Pasca Mudik?
Bagikan ke:
Direkomendasikan untuk mengganti oli mesin, tetapi bisa melihat jarak tempuh sesuai rekomendasi.

Pemudik yang pulang ke kampung halaman sudah mulai kembali ke Ibu Kota,  bicara pasca mudik pentingnya melakukan servis mobil atau pengecekan agar tetap prima.

"Kami sarankan untuk mengecek kendaraan agar kondisi mobil tetap prima, sebab selama mudik menempuh ratusan kilometer," kata Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang.

Dalam memeriksa kendaraan pasca mudik jangan sampai lupa mengecek oli mesin. Tak sedikit yang bertanya apakah perlu mengganti oli mobil?

"Jika berangkat mudik belum mengganti oli maka pasca mudik sebaiknya diganti karena kalau tidak dapat memengaruhi pelumas," tambahnya.

Senada dengan Yuliana, Umaidi Mekanik dari Speedwork Jakarta ia menyarankan sebaiknya mengganti oli mesin karena menempuh jarak yang jauh.

"Kalau memang belum ganti sebaiknya diganti, saya selalu bilang ke customer jangan terpaku sama waktu, tetapi juga lihat jarak tempuh yang dihabiskan selama mudik lebaran," ucapnya.

Tujuannya bukan lain yaitu demi performa mesin tetap baik, sebab fungsi utama oli mesin yaitu memberikan pelumas terhadap setiap komponen mesin yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antara suku cadang.

Seperti diketahui interval mengganti oli mesin perlu diperhatikan dengan baik jangan sampai melebihi batas waktu yang direkomendasikan, sebab oli memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang jika disepelekan akan mengurangi kinerja.

#ganti-oli #oli-mesin #pasca-mudik #roda-empat #oli-mobil

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.