Indikator Bahan Bakar Habis Menyala, Kira-kira di Tangki Sisa Berapa Liter?

Indikator Bahan Bakar Habis Menyala, Kira-kira di Tangki Sisa Berapa Liter?

OTODRIVER - Ketika melihat pom bensin dengan antrean yang panjang, ada beberapa pengemudi yang membatalkan niatnya untuk mengisi bahan bakar meski indikator bensin sudah memberi tanda untuk diisi kembali.

Kalau sisa bensin sudah tersisa satu bar atau jarum di fuel meter sudah menyentuh indikator E alias empty (kosong), maka lampu indikator bensin akan menyala.

Setiap kendaraan, biasanya punya (Res) yang merupakan bahan bakar minyak (BBM) cadangan yang ada di dalam tangki. Dengan cadangan bahan bakar tersebut, mobil bisa melaju meski lampu indikator bensin menyala.

Pertanyaannya, berapa liter bahan bakar yang tersisa saat indikator BBM menyala?

“Bahan bakar yang tersisa ketika indikator BBM menyala kurang lebih masih ada sekitar 5 liter,” ujar Saiful Anwar, Service Manager Plaza Toyota Citeureup.

Saiful menambahkan jika sisa 5 liter kemungkinan mobil masih bisa berjalan menuju pom bensin terdekat.

“Kemampuan menempuh jarak dari sisa BBM yang ada sangat tergantung dengan banyak faktor mulai dari kapasitas mesin hingga kondisi jalanan," beber Saiful.

Menurutnya, indikator BBM mobil zaman sekarang sudah banyak yang menyertakan jarak tempuh.

“Tinggal lihat berapa km lagi bensin akan habis, artinya dengan patokan tersebut kita aman,” tutup Saiful. (NG)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com