Rem Bergetar Setelah Berjalan Jauh? Mungkin Ini Penyebabnya

Rem Bergetar Setelah Berjalan Jauh? Mungkin Ini Penyebabnya

Pasca "bertugas" digunakan berlibur dengan jarak tempuh yang cukup jauh, biasanya mobil tak lagi dalam kondisi prima seperti pada hari keberangkatan. Beberapa gejala pun kerap dirasakan pada mobil yang digunakan setelah mudik.

Salah satu gejala mobil yang tak lagi dalam kondisi prima biasanya adalah kerap bergetar saat pengereman. Biasanya getaran dirasakan dalam skala kecil hingga besar.

Namun, rupanya hal ini lumrah terjadi. Raharjo selaku pemilik bengkel Key Auto, Jakarta, menjelaskan bahwa getaran biasanya terjadi dikarenakan piringan rem yang tidak rata.

“Biasanya kalau dilakukan pengereman terjadi getaran, piringan remnya tidak rata,” jelasnya ketika ditemui di bengkelnya yang terletak di kawasan Jakarta Selatan (3/1).

Ia juga menambahkan, hal ini terjadi karena bagian rem mengalami tingkat kepanasan yang berlebih. “Piringan rem yang tidak rata karena rem terlalu panas usai perjalanan jauh,” lanjutnya.

Namun tak perlu khawatir, Raharjo menjelaskan cara mengatasi permasalahan tersebut.

“Piringan rem yang tidak rata bisa diatasi dengan cara dibubut. Biayanya Rp 100 sampai 200 ribu. Namun, jika piringan sudah tipis jangan dibubut. Harus diganti dengan yang baru,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com